terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Gunung Es Raksasa Sebesar Kota Surabaya Pecah di Antartika - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Gunung Es Raksasa Sebesar Kota Surabaya Pecah di Antartika
Jun 7th 2024, 08:24, by Habib Allbi Ferdian, kumparanSAINS

Gunung es raksasa A-83 di Antartika pecah.  Foto: ESA/Copernicus Sentinel
Gunung es raksasa A-83 di Antartika pecah. Foto: ESA/Copernicus Sentinel

Gunung es raksasa berukuran 380 km persegi, atau lebih besar dari kota Surabaya (350 km persegi), pecah dari Rak Es Brunt di Antartika pada 20 Mei 2024 lalu. Potongan ini disebut A-83, menjadi gunung es ketiga yang pecah di kawasan yang sama dalam empat tahun terakhir.

Gunung es pertama, A-74, pecah memisahkan diri dari lapisan es pada 2021. Sementara itu, gunung es yang lebih besar bernama A-81 pecah pada 2023.

Detik-detik gunung es ini memisahkan diri dari daratan es raksasa tertangkap oleh dua satelit pengamat Bumi, yakni satelit Copernicus Sentinel-1 milik ESA dan satelit Landsat 8 milik NASA yang keduanya menyediakan pencitraan radar dan data termal.

Pusat Es Nasional AS menyebutnya A-83 berdasarkan kuadran Antartika tempat gunung es pertama kali terlihat. Karena Brunt terletak di Laut Weddell bagian timur, gunung esnya diberi tanda 'A', sedangkan nomornya diberikan secara berurutan.

Peta Antartika memperlihatkan lokasi Gunung Es A-83 di Lapisan Es Brunt. Foto: NASA
Peta Antartika memperlihatkan lokasi Gunung Es A-83 di Lapisan Es Brunt. Foto: NASA

Pemantauan lapisan es menggunakan satelit memungkinkan para ilmuwan melacak dampak perubahan klim di wilayah terpencil seperti Antartika. Para ilmuwan dapat memantau bagaimana lapisan es mempertahankan integritas strukturalnya sebagai respons terhadap perubahan dinamika es dan peningkatan suhu atmosfer dan lautan.

Sedangkan peristiwa lahirnya gunung es disebabkan oleh melemahnya es di Kerutan Es McDonald dan meluasnya 'Retakan Hallowen' di lapisan es.

Misi Copernicus Sentinel-1 sendiri mengandalkan pencitraan radar untuk menghasilkan gambar daratan es sepanjang tahun, baik siang maupun malam. Hal ini penting dilakukan, terutama selama musim dingin terjadi, ketika hampir tidak ada sinar Matahari di Antartika selama enam bulan (peristiwa dikenal sebagai Malam Antartika). Sedangkan misi Landsat 8 mengandalkan pencitraan termal untuk membantu para ilmuwan mengkarakterisasi ketebalan lapisan es.

Gunung es raksasa A-83 yang pecah di Antartika.  Foto: ESA/USGS
Gunung es raksasa A-83 yang pecah di Antartika. Foto: ESA/USGS

Seperti yang terlihat dalam gambar di atas, es yang lebih tipis tampak lebih hangat karena suhunya mendekati perairan terbuka, sedangkan es benua lebih tebal ditandai dengan warna lebih gelap. Perbedaan suhu antara lautan dan lapisan es juga membantu para ilmuwan mengidentifikasi di mana letak garis kelahiran gunung-gunung es sebelumnya.

Beruntung, gunung es A-83 tidak mengancam Stasiun Penelitian Halley VI milik Survei Antartika Inggris, sebuah tempat penelitian internasional yang mengamati cuaca bumi, atmosfer, dan luar angkasa. Meski letaknya masih di wilayah Rak Es Brunt, stasiun ini dipindahkan pada 2017 ke pantai Caird setelah lapisan es bagian luar dianggap sudah tidak stabil.

Hilangnya es Antartika di Kutub Selatan yang terus berlanjut merupakan salah satu indikasi paling jelas dari kenaikan suhu global dan ini bisa menjadi pertanda mengerikan untuk seluruh makhluk hidup di dunia. Selain berkontribusi terhadap kenaikan permukaan air laut, banjir pesisir, dan cuaca ekstrem, hilangnya es di kutub menyebabkan tambahan radiasi Matahari yang diserap lautan, sehingga menyebabkan suhu Bumi semakin meningkat.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: