terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Hukum Potong Kuku Idul Adha dalam Islam - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Hukum Potong Kuku Idul Adha dalam Islam
Jun 8th 2024, 20:15, by Berita Terkini, Berita Terkini

Potong Kuku Idul Adha. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Nandhu
Potong Kuku Idul Adha. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Nandhu

Hukum potong kuku Idul Adha sebaiknya tidak dilakukan, terkhusus seorang muslim yang akan menunaikan ibadah kurban. Iduladha sendiri merupakan salah satu hari raya besar dalam Islam yang dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Pada hari ini, umat Islam memperingati kisah Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya, Ismail, sebagai bentuk kepatuhan kepada Allah Swt. Sebagai bagian dari perayaan ini, umat Muslim yang mampu dianjurkan untuk berkurban.

Hukum Potong Kuku Idul Adha

Potong Kuku Idul Adha. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Ray
Potong Kuku Idul Adha. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Ray

Ada beberapa adab dan aturan khusus yang dianjurkan selama masa-masa menjelang Iduladha. Salah satunya adalah hukum potong kuku. Potong kuku saat menjelang Idul Adha memiliki dasar yang kuat dari hadis-hadis Nabi Muhammad Saw.

Salah satu hadis yang sering dijadikan rujukan adalah yang diriwayatkan oleh Ummu Salamah, bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda:

"Apabila kalian melihat hilal (bulan sabit) Dzulhijjah, dan salah seorang di antara kalian ingin berkurban, maka hendaklah ia menahan diri dari memotong rambut dan kukunya hingga ia berkurban" (HR. Muslim).

Hadis ini mengindikasikan bahwa bagi seseorang yang berniat untuk berkurban, disunnahkan untuk tidak memotong rambut dan kuku. Mulai dari awal bulan Dzulhijjah hingga hewan kurbannya disembelih. Larangan ini merupakan bentuk penghormatan dan kesiapan diri dalam menyambut ibadah kurban.

Beberapa ulama menginterpretasikan bahwa hal ini adalah sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan). Sementara lainnya melihatnya sebagai sunnah biasa.

Terdapat beberapa hikmah di balik larangan ini. Salah satunya adalah agar seseorang yang berkurban merasakan sebagian kecil dari larangan yang dialami oleh orang-orang yang sedang ihram dalam ibadah haji. Hal ini menciptakan rasa kebersamaan dan solidaritas dengan orang-orang yang sedang melaksanakan haji.

Namun, perlu dicatat bahwa jika seseorang tidak berniat untuk berkurban, larangan ini tidak berlaku.

Selain itu, jika memotong kuku atau rambut diperlukan karena alasan tertentu. Dikutip dari buku Berguru, Brilly (2024: 5), misalnya kesehatan atau kebersihan, maka diperbolehkan untuk melakukannya.

Dalam penerapannya, tidak semua Muslim mengetahui atau mematuhi sunnah ini. Hal ini sering disebabkan oleh kurangnya pemahaman atau sosialisasi tentang adab-adab yang dianjurkan menjelang Idul Adha.

Oleh karena itu, penting untuk terus memberikan edukasi dan penjelasan mengenai sunnah-sunnah. Hal ini agar umat Islam dapat menjalankan ibadah dengan lebih sempurna.

Baca juga: Hukum Menyembelih Kurban sebelum Salat Idul Adha

Tidak potong kuku Idul Adha bagi seseorang yang berniat berkurban merupakan bagian dari sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw. Meskipun tidak wajib, mengikutinya dapat menjadi bentuk kepatuhan dan penghormatan terhadap ibadah kurban. (Gin)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: