terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Arti Fastabiqul Khairat dalam Ajaran Islam yang Bersumber dari Al-Qur'an - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Arti Fastabiqul Khairat dalam Ajaran Islam yang Bersumber dari Al-Qur'an
Jun 8th 2024, 20:29, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Arti Fastabiqul Khairat. Sumber: Unsplash/Masjid MABA
Ilustrasi Arti Fastabiqul Khairat. Sumber: Unsplash/Masjid MABA

Arti Fastabiqul Khairat adalah berlomba-lomba dalam kebajikan. Frasa tersebut merupakan kutipan dari salah satu ayat dalam kitab suci Al-Qur'an, yakni Surat Al Baqarah ayat 148.

Layaknya ayat Al-Qur'an, Surat Al Baqarah ayat 148 sebagai firman Allah Swt. pun mengandung pesan yang sangat bermakna bagi umat muslim. Ayat tersebut memperjelas perintah Allah Swt. agar umat muslim berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan.

Arti Fastabiqul Khairat dalam Ajaran Islam

Ilustrasi Arti Fastabiqul Khairat. Sumber: Unsplash/Masjid MABA
Ilustrasi Arti Fastabiqul Khairat. Sumber: Unsplash/Masjid MABA

Islam sebagai agama yang membawa keselamatan hidup di dunia serta akhirat memiliki banyak ajaran bermakna. Salah satu contoh adalah keberadaan frasa Fastabiqul Khairat. Frasa tersebut bukan sekedar susunan kata, melainkan pesan dalam Al-Qur'an.

Arti Fastabiqul Khairat adalah berlomba-lomba dalam kebajikan atau berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Arti tersebut dapat terlihat jelas dengan membaca Surat Al Baqarah ayat 148.

Dikutip dari laman Qur'an Kemenag, quran.kemenag.go.id, berikut adalah bacaan Surat Al Baqarah ayat 148 beserta terjemahannya.

وَلِكُلٍّ وِّجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اَيْنَ مَا تَكُوْنُوْا يَأْتِ بِكُمُ اللّٰهُ جَمِيْعًا ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya: "Bagi setiap umat ada kiblat yang dia menghadap ke arahnya. Maka, berlomba-lombalah kamu dalam berbagai kebajikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 148

Ilustrasi Arti Fastabiqul Khairat. Sumber: Unsplash/Masjid MABA
Ilustrasi Arti Fastabiqul Khairat. Sumber: Unsplash/Masjid MABA

Setelah mengetahui bahwa Fastabiqul Khairat merupakan frasa dari ayat Al-Qur'an, sekarang adalah saat untuk mempelajari kandungan ayat tersebut. Tujuannya, agar lebih memahami pesan yang terkandung dalam Surat Al Baqarah ayat 148.

Dikutip dari buku Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural, Masturin (2022: 153), berikut adalah kandungan yang terdapat dalam Surat Al Baqarah ayat 148.

  • Setiap umat, kaum, atau bangsa mempunyai kiblat sendiri-sendiri, yaitu syariat dan peraturan-peraturan hidup yang dijalani.

  • Setiap umat hendaknya menggunakan akal serta segenap kemampuannya untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dan mencari agama yang sempurna.

  • Penegasan Allah Swt, Tuhan yang Maha Kuasa bahwa setiap umat manusia akan dikumpulkan pada Hari Kiamat. Pada hari itu, manusia akan diadili dengan seadil-adilnya tentang perbuatan yang dilakukaan saat di dunia.

Berdasarkan kandungan tersebut, diketahui bahwa Allah Swt. memerintahkan hamba-Nya untuk berlomba-lomba dalam hal-hal yang baik. Jadi, bukan berlomba-lomba dalam hal yang buruk, merugikan, atau membahayakan.

Baca juga: 3 Ayat Terakhir Surat Al Baqarah beserta Keutamaannya

Demikian jelas bahwa arti Fastabiqul Khairat adalah berlomba-lomba dalam kebajikan. Setiap umat muslim sudah sepatutnya mengamalkan perilaku tersebut karena Fastabiqul Khairat tercantum dalam Al-Qur'an. Wallahu a'lam bishawab. (AA)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: