terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Alasan Kenapa Hewan Kurban Harus Jantan menurut Islam - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Alasan Kenapa Hewan Kurban Harus Jantan menurut Islam
Jun 7th 2024, 20:45, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Kenapa Hewan Kurban Harus Jantan Menurut Islam, Foto: Unsplash/clickhere.
Ilustrasi Kenapa Hewan Kurban Harus Jantan Menurut Islam, Foto: Unsplash/clickhere.

Sebentar lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Iduladha dan menyembelih hewan kurban bila mampu. Dalam menjalankannya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, salah satunya harus jantan. Kenapa hewan kurban harus jantan menurut Islam?

Hal tersebut membuat beberapa di antara umat muslim turut bertanya-tanya mengenai alasan kenapa hewan kurban haruslah jantan. Apakah hewan betina tidak boleh dijadikan kurban?

Kenapa Hewan Kurban Harus Jantan menurut Islam?

Ilustrasi Kenapa Hewan Kurban Harus Jantan Menurut Islam, Foto: Unsplash/HannesThirion.
Ilustrasi Kenapa Hewan Kurban Harus Jantan Menurut Islam, Foto: Unsplash/HannesThirion.

Menjelang Hari Raya Iduladha banyak umat muslim yang mempertanyakan hal-hal mengenai kurban. Salah satunya, kenapa hewan kurban harus jantan menurut Islam?

Memahami syarat dan kriteria hewan kurban yang sesuai dengan syariat Islam memang sangat penting agar ibadah yang dilakukan dapat diterima.

Dikutip dari buku Esensi Kurban dalam Islam karya Hafidz Muftisany (2021: 12), berkurban mengandung hikmah untuk menghayati penyembelihan Nabi Ismail a.s oleh Nabi Ibrahim a.s.

Jawaban untuk pertanyaan kenapa hewan kurban harus jantan, berdasarkan ilmu fikih tidak ada kewajiban bahwa hewan kurban harus berjenis kelamin jantan. Rasulullah Saw. pernah bersabda:

عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنِّي رَأَيْتُ فِي الْمَنَامِ أَنِّي ذَبَحْتُ بِقْرَةً فَاذْبِحُوا عَنِّي بِقْرَةً

Artinya: "Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelih seekor sapi betina, maka sembelihlah untukku seekor sapi betina." (HR. Bukhari: 5559 dan Muslim: 1967).

Dari hadis tersebut dapat disimpulka bahwa Rasulullah Saw. memerintahkan umat muslim yanga akan berkurban dapat menyembelih sapi betina, asalkan sudah memenuhi syarat seperti umur, jenis, dan bebas aib.

Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Majmū' Syarḥ al-Muhadzzab menjelaskan bahwa hewan kurban bisa berjenis kelamin jantan atau betina. Hal ini dianalogikan dengan hadis yang menjelaskan kebolehan untuk memilih jenis kelami jantan atau betina untuk aqiqah.

وعلى الجارية شاة لا يضركم ذكرانا كن أو أناثا

Artinya: "Dan diperbolehkan dalam berkurban dengan hewan jantan maupun betina. Sebagaimana mengacu pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ummu Kuraz dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, bahwa beliau pernah bersabda "(Aqiqah) untuk anak laki-laki adalah dua kambing dan untuk perempuan satu kambing. Baik berjenis kelamin jantan atau betina, tidak masalah." (Lihat: An-Nawawi, al-Majmu'Syarh Muhazzab, Beirut: Dar al-Fikri,tt.,j.8,h. 392).

Baca Juga: Hewan Kurban Menjadi Kendaraan di Akhirat, Benarkah?

Demikian penjelasan mengenai pertanyaan kenapa hewan kurban harus jantan menurut Islam. Hewan yang akan digunakan untuk berkurban tidak harus jantan, asalkan telah memenuhi syarat. (Umi)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: