terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Apa Itu Asian Value? Ini Penjelasan Lengkap dengan Contohnya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apa Itu Asian Value? Ini Penjelasan Lengkap dengan Contohnya
Jun 8th 2024, 20:49, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Apa Itu Asian Value. Foto: dok. Unsplash/Lesly Derksen
Ilustrasi Apa Itu Asian Value. Foto: dok. Unsplash/Lesly Derksen

Apa itu Asian Value? Pertanyaan tersebut banyak dibahas di kalangan masyarakat dewasa ini. Istilah ini umum digunakan untuk menyebutkan nilai-nilai kehidupan yang dianut oleh sebagian besar masyarakat yang tinggal di negara-negara Asia.

Adanya Asian Value ini diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Asia. hal ini ditunjukkan dengan beberapa tradisi yang biasa ditemukan dalam keseharian masyarakat, salah satunya adalah menghargai sifat kesederhanaan dan kerendahan hati.

Mengenal Apa Itu Asian Value

Ilustrasi Apa Itu Asian Value. Foto: dok. Unsplash/Alex Hudson
Ilustrasi Apa Itu Asian Value. Foto: dok. Unsplash/Alex Hudson

Benua Asia dikenal sebagai salah satu benua yang memiliki jumlah populasi penduduk yang paling banyak di dunia. Sebagai benua dengan jumlah penduduk paling banyak di dunia, Benua Asia juga memiliki tingkat keragaman yang sangat tinggi.

Namun begitu, terdapat suatu nilai yang dianut secara umum bagi masyarakat Benua Asia. Nilai tersebut kemudian dikenal sebagai asian value. Apa itu asian value?

Mengutip dari dalam buku berjudul Perbandingan Hukum Tata Negara: Filsafat, Teori, dan Praktik, Mirza Satria Buana, S.H., M.H., Ph.D (2023: 121), asian value atau nilai asia ketimuran merupakan nilai yang memiliki kekhasan dan kearifan Timur yang telah lebih dulu mengakar kuat di beberapa negara Asia.

Nilai-nilai kearifan dari Asian Value tersebut dianggap bersumber dari aliran kepercayaan dan keagamaan, seperti Konghucu, Buddha, Islam, Hindu, dan hukum-hukum komunal yang bersifat partikularisme dan kelokalan di Asia. Istilah asian value ini disebut mulai muncul sekitar tahun 1980.

Keberadaan Asiian Value pada saat itu dianggap sebagai bukti bahwa masyarakat Asia memiliki keunggulan tersendiri. Masing-masing nilai yang dikandung dalam asian value bertentangan dengan budaya Barat yang mulai merajalela bersamaan adanya globalisasi di seluruh negara di dunia yang terjadi secara masif.

Contoh Asian Value di Lingkungan Masyarakat

Ilustrasi Apa Itu Asian Value, Sumber Unsplash Ed Us
Ilustrasi Apa Itu Asian Value, Sumber Unsplash Ed Us

Asian Value yang dimiliki mayoritas masyarakat Asia dapat dilihat dari nilai dan budaya atau tradisi yang dianut dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa contoh asian value yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari:

  • Mengutamakan sifat kesederhanaan dan kerendahan hati dalam berbagai kesempatan, khususnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

  • Menerapkan nilai kerja keras, ketekunan, dan kedisiplinan dalam bekerja maupun mencapai tujuan pribadi atau tujuan untuk kepentingan umum.

  • Adanya sifat penghormatan terhadap orang yang lebih tua, orang yang dituakan, atau sosok pemimpin.

Baca juga: Memahami Nilai Dasar, Nilai Instrumental, dan Nilai Praktis Pancasila

Penjelasan tentang apa itu Asian Value yang disajikan dalam artikel ini dapat dijadikan sebagai pengetahuan bermanfaat untuk menambah wawasan mengenai istilah baru dalam masyarakat. (DAP)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: