terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Apa Itu Fraud dalam Bidang Keuangan? Ini Jawaban Lengkapnya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apa Itu Fraud dalam Bidang Keuangan? Ini Jawaban Lengkapnya
Jun 8th 2024, 20:30, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Apa Itu Fraud. Sumber: Unsplash/Melinda Gimpel
Ilustrasi Apa Itu Fraud. Sumber: Unsplash/Melinda Gimpel

Setiap bidang kehidupan manusia mempunyai istilah masing-masing, termasuk bidang keuangan. Salah satu istilah yang kerap menjadi pembahasan di bidang tersebut adalah fraud. Apa itu fraud dalam bidang keuangan?

Fraud merupakan kosakata bahasa Inggris yang dalam bahasa Indonesia berarti penipuan atau kecurangan. Selaras dengan terjemahannya dalam bahasa Indonesia, fraud dalam bidang keuangan juga memiliki kaitan dengan penipuan.

Apa Itu Fraud dalam Bidang Keuangan?

Ilustrasi Apa Itu Fraud. Sumber: Unsplash/Ibrahim Rifath
Ilustrasi Apa Itu Fraud. Sumber: Unsplash/Ibrahim Rifath

Setiap bidang kehidupan manusia mempunyai istilah tersendiri yang menggambarkan kondisi tertentu. Hal itu terjadi juga pada bidang keuangan. Salah satu istilah yang kerap muncul dan menjadi pembahasan dalam bidang keuangan adalah fraud.

Apa itu fraud? Fraud merupakan kosakata dalam bahasa Inggris yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti penipuan atau kecurangan. Kenyataannya, fraud dalam bidang keuangan pun memang memiliki kaitan dengan tindakan penipuan.

Dikutip dari buku Kumpulan Kasus-Kasus Audit Perusahaan, Sihombing, dkk. (2023: 264), berikut adalah beberapa definisi mengenai penipuan.

  • Penipuan adalah tindakan yang disengaja untuk mendapatkan keuntungan dengan cara ilegal atau tidak adil.

  • Penipuan adalah penyajian fakta yang salah dengan sengaja untuk membujuk orang lain yang bergantung padanya supaya menyerahkan sesuatu yang berharga atau menyerahkan hak hukum.

  • Penipuan adalah penyajian fakta yang keliru dengan maksud membuat orang lain melakukan sesuatu yang tidak dapat dilakukan secara finansial.

  • Penipuan adalah tindakan kriminal untuk memperoleh keuntungan finansial ilegal.

Jika melihat kumpulan definisi penipuan, jelas bahwa hal tersebut merupakan tindakan ilegal, bahkan kriminal. Oleh karena itu, wajar jika ada peraturan khusus untuk mencegah dan memberi efek jera terhadap tindakan penipuan.

Peraturan tentang Penipuan di Indonesia

Ilustrasi Apa Itu Fraud. Sumber: Unsplash/rupixen
Ilustrasi Apa Itu Fraud. Sumber: Unsplash/rupixen

Indonesia sebagai negara hukum tentu memiliki peraturan tentang penipuan. Dikutip dari buku Capital Market Top Secret, Serfiyani, dkk. (2021: 265), pihak yang melakukan penipuan atau pihak yang turut membantu penipuan sama-sama terancam sanksi pidana.

Setiap pelaku yang terbukti melakukan tindakan penipuan perdagangan dapat dikenakan pidana paling lama 10 tahun dengan denda paling banyak 15 miliar rupiah. Penetapan itu tentu tidak terjadi secara asal-asalan.

Penetapan konteks penipuan merujuk pada Pasal 378 KUHP. Mengutip dari buku yang sama, Serfiyani (2021: 265), penipuan sesuai Pasal 378 KUHP diartikan sebagai tindakan untuk menguntungkan diri sendiri dan orang lain dengan cara:

  • Melawan hukum;

  • Memakai nama palsu atau martabat palsu;

  • Tipu muslihat;

  • Rangkaian kebohongan;

  • Membujuk orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, supaya memberi utang, atau menghapuskan piutang.

Baca juga: 5 Tips Memilih Konsultan Keuangan untuk Perencanaan Keuangan dan Alasannya

Setelah menyimak penjelasan di atas, lantas apa itu fraud dalam bidang keuangan? Fraud merupakan tindakan penipuan yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan secara ilegal dan/atau merugikan orang lain. (AA)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: