terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Jenis Status Sosial dalam Masyarakat - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jenis Status Sosial dalam Masyarakat
Jun 8th 2024, 20:34, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jenis Status Sosial. Sumber: Pexels/Fauxels
Ilustrasi Jenis Status Sosial. Sumber: Pexels/Fauxels

Pada mata pelajaran Sosiologi, akan ada banyak materi yang dipelajari. Salah satunya adalah mengenai status sosial. Terdapat tiga jenis status sosial dalam masyarakat.

Ketiganya tentu sangat berbeda. Perbedaan dari ketiga jenis tersebut adalah cara mendapatkan atau memperolehnya.

3 Jenis Status Sosial

Ilustrasi Jenis Status Sosial. Sumber: Pexels/Fauxels
Ilustrasi Jenis Status Sosial. Sumber: Pexels/Fauxels

Setiap orang memiliki status sosial yang berbeda. Status sosial merupakan kedudukan atau posisi seseorang dalam masyarakat. Status sosial ditentukan oleh berbagai macam faktor. Misalnya adalah kekayaan, pendidikan, maupun pekerjaan.

Status sosial memiliki peranan yang sangat penting. Hal itu karena status sosial dapat memengaruhi suatu individu diperlukan dalam suatu kelompok masyarakat.

Berdasarkan cara memperolehnya, status sosial dapat dibedakan menjadi tiga jenis. Berikut tiga jenis status sosial dalam pelajaran Sosiologi.

1. Ascribed Status

Status sosial yang pertama adalah ascribed status. Ascribed status diperoleh secara otomatis tanpa melihat perbedaan kemampuan atau rohaniah seseorang. Hal itu karena ascribed status diperoleh berdasarkan faktor yang tak dapat diubah.

Dikutip dari buku Sosiologi Hukum: Kajian Hukum Secara Sosiologis, Adi (2012), Ascribed status diperoleh seseorang dengan sendirinya atas dasar kelahiran atau keturunan, seperti kedudukan dalam kasta, jenis kelamin, dan kelompok usia.

Ascribed status ini banyak ditemukan pada masyarakat dengan sistem lapisan tertutup. Selain itu juga ditemukan pada masyarakat yang menggunakan sistem feodal. Contohnya adalah di India masyarakatnya menjunjung sistem kasta. Anak yang lahir dari orang tua dengan kasta Brahmana akan meneruskan kasta yang sama.

2. Assigned Status

Status sosial selanjutnya adalah assigned status. Jenis status sosial yang satu ini didapatkan melalui pemberian dari pihak lain. Assigned status juga diberikan kepada seseorang atau sekelompok masyarakat sebagai penghargaan atas jasa-jasanya.

Contoh dari assigned status adalah pemberian gelar pahlawan yang telah berjasa membela tanah air dari penjajah. Selain gelar pahlawan, contoh lain dari assigned status adalah ketua adat, sesepuh, dan juga kepala suku.

3. Achieved Status

Status sosial yang terakhir adalah achieved status. Berbeda dengan ascribed status, achieved status diperoleh atas usaha seseorang melalui pencapaian atau keterampilan. Oleh sebab itu, achieved status erat kaitannya dengan kekayaan, pekerjaan, pendidikan, serta prestasi. Contoh dari achieved status adalah naiknya jabatan seseorang atau gelar akademik seseorang.

Baca juga: Perbedaan Mobilitas Vertikal dan Mobilitas Horizontal dalam Status Sosial

Berdasarkan cara memperolehnya, terdapat tiga jenis status sosial. Status sosial dalam masyarakat tersebut adalah achieved status, assigned status, dan ascribed status. Semoga penjelasan tadi dapat menambah wawasan seputar Sosiologi. (FAR)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: