terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Kolaborasi UMP dan Alumni Aliri Listrik di SD Negeri 14 Rantau Dedap, Muara Enim - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kolaborasi UMP dan Alumni Aliri Listrik di SD Negeri 14 Rantau Dedap, Muara Enim
Jun 8th 2024, 13:28, by W Pratama, Urban Id

Momentum kolaborasi pemasangan pipa isntalasi PLTMH di kawasan Rantau Dedap, Muara Enim. (ist)
Momentum kolaborasi pemasangan pipa isntalasi PLTMH di kawasan Rantau Dedap, Muara Enim. (ist)

Puluhan siswa SD Negeri 14 Rantau Dedap, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim, akhirnya bisa menikmati aliran listrik di sekolah mereka.

Hal itu setelah beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) hasil kolaborasi antara Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), alumni dan sejumlah perusahaan mendukung proses instalasi listrik tersebut pekan ini.

Untuk mensyukuri keberhasilan pengaliran listrik energi terbarukan itu, sejumlah warga juga ikut hadir di acara soft launching di halaman sekolah, Selasa 4 Juni 2024, lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SD Negeri 14 Rantau Dedap, Zul Fikri, mengapresiasi upaya kolaborasi ini. Sebab selama ini, siswa hanya belajar seadanya.

"Dengan adanya listrik ini, kami berharap anak-anak semakin semangat belajar. Sekarang dengan adanya listrik kami bisa mengakses informasi dari internet untuk menambah literasi dan referensi," katanya.

Pakar Mikro Hidro UMP, Zulkiffli Saleh (kiri) dan Aumni UMP, Edwin Mauladi (kanan) di masa awal pengujian turbin PLTMH. (ist)
Pakar Mikro Hidro UMP, Zulkiffli Saleh (kiri) dan Aumni UMP, Edwin Mauladi (kanan) di masa awal pengujian turbin PLTMH. (ist)

Menurutnya, medan yang terjal dan akses yang sulit, menjadi tantangan tersendiri dalam proses pemasangan instalasi listrik di sekolah ini, yang memiliki kapasitas 10 Megawatt.

Meski demikian, 32 mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik UMP dipimpin dosen sekaligus pakar mikro hidro, Zulkifli Saleh mampu mewujudkan mimpi anak-anak sekolah dasar tersebut.

"Tidak hanya untuk sekolah, tetapi kami berharap juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. PLTMH ini adalah wujud dari komitmen Universitas Muhammadiyah Palembang dalam rangka pengabdian kepada masyarakat," kata Zulkifli.

Di antara mereka yang memberikan dukungan terhadap pembangunan PLTMH untuk kawasan ini adalah alumni Fakultas Teknik, Edwin Mauladi.

Dia melihat betul bagaimana almamaternya bekerja keras untuk mengembangkan keilmuan dalam sektor energi terbarukan, sehingga menurutnya perlu juga mendapat apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak.

"Di sini kami selaku alumni merasa terpanggil untuk turun membantu. Kami juga bersyukur akhirnya mendapat dukungan dari pihak lain, termasuk PT Supreme Energy Rantau Dedap (PT SERD)," kata Edwin.

Edwin yang juga sempat ikut dalam proses pemasangan instalasi di areal terjal di kawasan tersebut mengaku bangga dengan almamaternya yang dikomandoi oleh dosen Zulkifli Saleh.

"Membangun dari desa, membangun yang selama ini tidak tersentuh. Mudah-mudahan, niat baik ini mendapat apresiasi dan dukungan dari semuanya," ungkap Edwin.

Di sisi lain, Hazairiadi, Site Support Superintendent PT Supreme Energy Rantau Dedap (PT SERD) melalui Jhanson Parliatan dari Divisi External Relation, menyebut upaya gotong royong yang dilakukan oleh UMP ini patut dicontoh.

"Dari kegiatan ini kita melihat bagaimana perhatian dari akademisi, kampus dan alumni, yang secara serius mengupayakan kemajuan sektor pendidikan dan infrastruktur, khususnya di dusun ini," katanya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: