terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Sebutan untuk Data yang Diperoleh dari Berbagai Sumber yang Telah Ada - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sebutan untuk Data yang Diperoleh dari Berbagai Sumber yang Telah Ada
Jul 12th 2024, 19:38, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Data yang diperoleh dari berbagai sumber yang telah ada disebut, sumber: unsplash/SusanQYin
Ilustrasi Data yang diperoleh dari berbagai sumber yang telah ada disebut, sumber: unsplash/SusanQYin

Data yang diperoleh dari berbagai sumber yang telah ada disebut data sekunder. Para mahasiswa dan civitas akademika lainnya tentu sudah tidak asing dengan istilah ini.

Data sekunder memiliki peran penting dalam menunjang penelitian. Agar dapat menggunakannya dengan optimal, penting sekali memahami pengertian dan fungsinya.

Data yang Diperoleh dari Berbagai Sumber yang Telah Ada

Ilustrasi Data yang diperoleh dari berbagai sumber yang telah ada disebut, sumber: unsplash/AlexandreWende
Ilustrasi Data yang diperoleh dari berbagai sumber yang telah ada disebut, sumber: unsplash/AlexandreWende

Mengutip buku Metode Penelitian Sosial oleh Puji Yuniarti, dkk (2023), data yang diperoleh dari berbagai sumber yang telah ada disebut data sekunder. Ini adalah sekumpulan data yang diperoleh peneliti atau lembaga lainnya dan bukan berasal dari peneliti yang bersangkutan.

Tujuannya untuk studi atau penelitian yang sedang dikerjakan. Data ini umumnya sudah tersedia dalam bentuk laporan, publikasi, arsip, atau database yang disediakan pemerintah, perusahaan swasta, atau organisasi. Data sekunder berasal dari berbagai sumber, seperti buku, laporan penelitian, jurnal ilmiah, statistik pemerintah, koran, dan data online.

Fungsi Data Sekunder

Ilustrasi Data yang diperoleh dari berbagai sumber yang telah ada disebut, sumber: unsplash/SydWachs
Ilustrasi Data yang diperoleh dari berbagai sumber yang telah ada disebut, sumber: unsplash/SydWachs

Data sekunder memiliki sejumlah fungsi untuk penelitian. Beberapa fungsi tersebut yakni sebagai berikut:

1. Menghemat Waktu dan Biaya

Mengumpulkan data primer membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Dengan memakai data sekunder, maka peneliti dapat lebih menghemat sumber daya dan berfokus menganalisis data.

2. Memperoleh Data yang Sulit Diakses

Beberapa jenis data cenderung sulit untuk diakses dan dikumpulkan secara langsung oleh peneliti. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan, seperti geografis maupun finansial. Oleh karena itu, data sekunder dapat dijadikan alternatif untuk mengakses informasi tersebut.

3. Referensi dan Pembanding

Data sekunder umumnya dimanfaatkan untuk membandingkan hasil penelitian baru dengan penelitian yang telah ada sebelumnya. Hal ini membantu untuk memastikan validitas maupun reliabilitas hasil penelitian.

4. Mengidentifikasi Tren

Dengan menganalisis data sekunder dari waktu yang berbeda, peneliti dapat mengidentifikasi tren dan pola yang mungkin tidak terlihat dari data primer saja. Misalnya, data ekonomi dari beberapa dekade bisa membantu memahami siklus ekonomi.

5. Mengembangkan Hipotesis

Data sekunder dapat memudahkan dalam mengembangkan hipotesis awal. Informasi yang didapatkan dari sumber-sumber tersebut dapat dipakai untuk merumuskan pertanyaan penelitian yang spesifik dan relevan.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Data Primer dalam Penelitian

Jadi, data yang diperoleh dari berbagai sumber yang telah ada disebut data sekunder. Data ini berperan penting dalam riset karena menyediakan sumber informasi yang efektif dan efisien. (DLA)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: