terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Penjelasan Data Biaya Produksi yang Dibutuhkan untuk Menghitung Biaya Produksi - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penjelasan Data Biaya Produksi yang Dibutuhkan untuk Menghitung Biaya Produksi
Jul 12th 2024, 22:06, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan data biaya produksi apa saja yang dibutuhkan untuk menghitung biaya produk. Foto: Unsplash/Arno Senoner
Ilustrasi jelaskan data biaya produksi apa saja yang dibutuhkan untuk menghitung biaya produk. Foto: Unsplash/Arno Senoner

Biaya produksi merupakan salah satu unsur penting pada pelaporan keuangan. Untuk menghitungnya, terdapat beberapa data yang dibutuhkan. Seperti pertanyaan jelaskan data biaya produksi apa saja yang dibutuhkan untuk menghitung biaya produk.

Dengan adanya perhitungan biaya produksi berfungsi untuk mengetahui besaran keuntungan dan estimasi yang dibutuhkan perusahaan. Sehingga, perusahaan dapat terhindar dari kerugian akibat perhitungan biaya produksi yang tidak tepat.

Jelaskan Data Biaya Produksi yang Dibutuhkan untuk Menghitung Biaya Produksi

Ilustrasi jelaskan data biaya produksi apa saja yang dibutuhkan untuk menghitung biaya produk. Foto: Unsplash/Remy Gieling
Ilustrasi jelaskan data biaya produksi apa saja yang dibutuhkan untuk menghitung biaya produk. Foto: Unsplash/Remy Gieling

Dikutip dari e-Modul Prakarya dan Kewirausahaan SMA Kelas X oleh Henry Simamora (2020) biaya produksi adalah nilai yang dikorbankan untuk jasa atau barang yang harapannya memberikan manfaat saat ini atau mendatang bagi suatu organisasi.

Biaya produksi juga dapat diartikan sebagai biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan selama proses pengolahan yang bertujuan untuk menghasilkan produk yang siap dipasarkan. Sehingga, perhitungannya dilakukan mulai dari awal pengolahan hingga barang jadi.

Adapun jawaban dari pertanyaan jelaskan data biaya produksi apa saja yang dibutuhkan untuk menghitung biaya produk terbagi menjadi tiga macam, yakni:

1. Biaya Bahan Baku

Biaya bahan baku atau direct material berhubungan dengan proses produksi. Biaya ini dikeluarkan untuk membeli bahan untuk proses produksi dan cenderung mudah diketahui.

Contoh jika perusahaan ingin membuat ban, maka bahan yang dibutuhkan seperti karet sintetis. Sehingga, bahan untuk membuat karet sintetis termasuk ke dalam biaya bahan baku.

2. Biaya Sumber Daya Manusia

Biaya sumber daya manusia (SDM) atau tenaga kerja merupakan biaya untuk mengganti jasa karyawan. Biaya ini berupa upah, tunjangan, dan asuransi yang diberikan perusahaan kepada karyawan yang terlibat langsung dalam jalannya proses produksi.

3. Biaya Overhead Pabrik

Biaya overhead pabrik atau factory overhead adalah biaya yang dikeluarkan untuk mendukung jalannya produksi. Biaya ini tidak memiliki keterkaitan secara langsung dengan proses produksi. Sebab, biaya ini bertujuan untuk membantu kelancaran produksi.

Contohnya adalah biaya sewa gedung dan perbaikan mesin.

Contoh Menghitung Biaya Produksi

Ilustrasi contoh menghitung biaya produksi. Foto: Unsplash/Remy Gieling
Ilustrasi contoh menghitung biaya produksi. Foto: Unsplash/Remy Gieling

Untuk memudahkan dalam memahami perhitungan yang satu ini, diperlukan adanya contoh kasus biaya produksi. Misalnya sebuah perusahaan yang bergerak di bidang F&B.

Perusahaan A memproduksi ayam goreng sebanyak 2.000 kotak dalam satu hari. Rincian biaya produksi yang dibutuhkan setiap harinya yakni:

  • Bahan baku (nasi, ayam goreng, dan kemasan) sebesar Rp12.500.

  • 2 karyawan untuk memasak harian Rp70.000/haru untuk setiap orang.

  • 1 orang pengantar makanan Rp50.000/hari

  • Biaya sewa toko Rp6.000.000 per bulan.

Maka, total biaya produksi per harinya yakni:

Rp.12.500 + Rp140.000 (2 karyawan x Rp70.000) + Rp50.000 + Rp200.000 (sewa toko untuk satu hari)

= Rp402.500

Sehingga, biaya produksi perusahaan A dalam satu harinya sejumlah Rp.402.500.

Baca Juga: Peningkatan Efisiensi dalam Produksi Energi Berdampak pada Biaya Produksi

Itulah penjelasan tentang jelaskan data biaya produksi apa saja yang dibutuhkan untuk menghitung biaya produk. Semoga membantu dalam menghitung biaya yang dibutuhkan dalam proses produksi untuk mengetahui keuntungan secara jelas.(MZM)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: