terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Studi: Minum Alkohol di Pesawat Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Studi: Minum Alkohol di Pesawat Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan
Jun 7th 2024, 09:00, by Gitario Vista Inasis, kumparanTRAVEL

Ilustrasi minum alkohol di dalam kabin pesawat Foto: Shutter Stock
Ilustrasi minum alkohol di dalam kabin pesawat Foto: Shutter Stock

Dalam penerbangan internasional, alkohol menjadi salah satu minuman yang disajikan pramugari. Ya, sejumlah maskapai penerbangan, khususnya kelas bisnis atau kelas satu biasanya menyediakan minuman beralkohol untuk para penumpangnya.

Meski jadi salah satu minuman yang diperbolehkan di pesawat, ada alasan sebaiknya kamu tidak minum alkohol saat penerbangan berlangsung. Ini karena efek buruk yang ditimbulkan dari minuman tersebut.

Hal itu terungkap dalam sebuah studi yang dirilis baru-baru ini. Dalam penelitian yang dipublikasikan pada Senin (3/6) di jurnal Thorax menjelaskan bahwa penumpang yang tertidur setelah meminum alkohol, kadar oksigen dalam darah akan turun drastis diiringi dengan peningkatan detak jantung.

Ilustrasi minum alkohol di dalam kabin pesawat Foto: Shutter stock
Ilustrasi minum alkohol di dalam kabin pesawat Foto: Shutter stock

Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh tim di Institute of Aerospace Medicine, mengungkapkan traveler dengan usia yang lebih muda dan tampak sehat tetap terkena dampak dari efek buruk ini, seperti dilansir LadBible.

Untuk membuktikannya, para peneliti melakukan penelitian terhadap 48 orang responden dengan rentang usia 18-40 tahun. Mereka melakukan penelitian selama dua malam untuk mencari tahu dampak dari minum alkohol di pesawat. Agar serupa dengan kondisi di pesawat, mereka juga melakukan penelitian di sebuah ruangan khusus dengan lingkungan bertekanan rendah.

Beberapa peserta menjalani uji coba tersebut di laboratorium, sementara peserta lainnya berada di ruang ketinggian. Keduanya mengkonsumsi alkohol satu malam sebelumnya.

Efek Buruk Alkohol saat Penerbangan

Para ahli menjelaskan bahwa temuan dari penelitian ini membuktikan bahwa alkohol dan gabungan tekanan kabin, menyebabkan penurunan kadar oksigen dalam darah dan peningkatan detak jantung.

Tak hanya itu, gejala penurunan tekanan darah selama penerbangan adalah risiko kesehatan yang sebenarnya dapat dihindari.

"Mungkin bermanfaat untuk mempertimbangkan perubahan peraturan untuk membatasi akses terhadap minuman beralkohol di dalam pesawat," kata para peneliti.

Ilustrasi minum alkohol. Foto: Thinkstock
Ilustrasi minum alkohol. Foto: Thinkstock

Campuran konsentrasi oksigen rendah di dataran tinggi dan alkohol dalam tubuh diyakini mengganggu kualitas tidur peserta. Hal ini karena sifat alkohol yang menantang sistem kardiovaskular dan menyebabkan rendahnya kadar oksigen darah dalam jangka panjang.

"Hasil ini menunjukkan bahkan pada individu muda dan sehat, kombinasi asupan alkohol dengan tidur dalam kondisi hipobarik menimbulkan tekanan besar pada sistem jantung, dan mungkin menyebabkan eksaserbasi gejala pada pasien dengan penyakit jantung atau paru," imbuh para peneliti.

Meski traveler tersebut masih muda dan sehat, minum alkohol saat penerbangan dapat menyebabkan efek serius terhadap jantung mereka. Bahkan, Dr Elmenhorst mengatakan penurunan saturasi oksigen bersamaan dengan peningkatan detak jantung dapat memperburuk kondisi medis yang sudah ada sebelumnya.

"Kami terkejut melihat efeknya begitu kuat. Mohon jangan minum alkohol saat berada di pesawat. Saturasi oksigen turun ke tingkat yang cukup rendah saat tidur," kata Elmenhorst.

"Inilah mengapa saya menyarankan untuk menghindari minum alkohol bahkan ketika seseorang dalam keadaan sehat," pungkasnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: