terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Cara Efektif agar Anak Makan Tanpa Gadget - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cara Efektif agar Anak Makan Tanpa Gadget
Sep 26th 2024, 10:00, by Adelia Sufri, kumparanMOM

Ilustrasi anak main gadget sambil makan. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi anak main gadget sambil makan. Foto: Shutter Stock

Fenomena anak makan sambil bermain gadget atau gawai sering terlihat di era digital seperti sekarang ini. Kebiasaan buruk yang berlarut ini membuat sebagian anak menolak makan tanpa gadget.

Kebanyakan orang tua sudah memahami bahaya paparan gawai berlebihan pada anak. Tapi sering kali langsung luluh saat anak menolak makan tanpa gadget karena khawatir nutrisinya tidak terpenuhi.

Faktanya, makan sambil bermain gadget tetap tidak membantu pemenuhan nutrisi si kecil, Moms. Dalam sebuah studi terbitan National Library of Medicine berjudul Cognitive Distraction at Mealtime Decreases Amount Consumed in Healthy Young Adults: A Randomized Crossover Exploratory Study oleh Carli A Liguori dkk., para peneliti mengatakan bahwa penggunaan teknologi selama makan dapat menyebabkan penurunan porsi makan seseorang atau anak.

Jadi, lebih baik ajarkan si kecil untuk terbiasa makan tanpa gawai agar porsi makan dan gizi hariannya terpenuhi dengan baik. Lantas, bagaimana cara agar anak makan tanpa gadget? Simak tipsnya dalam pembahasan di bawah ini, Moms!

Tips agar Anak Makan tanpa Gadget

Ilustrasi anak makan tanpa gadget. Foto: wutzkohphoto/Shutterstock
Ilustrasi anak makan tanpa gadget. Foto: wutzkohphoto/Shutterstock

Merangkum dari laman Times of India, berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu anak lepas dari pengaruh gawai saat makan.

1. Makan Bersama

Saat waktu makan tiba, biasakan untuk duduk di meja makan bersama-sama untuk saling mengobrol dan berdiskusi. Tanyakan pada si kecil tentang hal-hal yang mereka lakukan di hari itu dan tanggapi dengan penuh perhatian serta pengertian.

Dengan membangun kebiasaan ini, anak akan mengerti bahwa waktu makan adalah waktu untuk mengobrol atau quality time dengan orang tua. Lewat cara ini, mereka akan meninggalkan gadget-nya yang sudah menjadi candu. Selain itu, kebiasaan baik ini dapat membuat anak jadi lebih percaya diri dan terbuka pada orang tuanya.

2. Patuhi Aturan yang Diterapkan

Anak-anak akan selalu meniru orang tuanya, sehingga jadilah teladan yang baik, Moms. Sebelum menerapkan aturan makan tanpa gadget kepada anak, pastikan orang tua mempraktikkan kebiasaan ini terlebih dahulu.

Jika orang tua menggunakan ponsel di meja makan, anak akan belajar bahwa boleh saja menggunakan gawai sambil makan. Jadi, konsistenlah saat menerapkan aturan agar si kecil tidak memiliki alasan untuk memberontak.

3. Biarkan Anak Lapar

Mungkin kedengarannya kejam, tapi jika si kecil tidak ingin makan tanpa gawai, jangan berikan makanan. Ketika si kecil akhirnya lapar, mereka akan datang pada Anda untuk meminta makanan. Di momen itu, sampaikan bahwa makan boleh dilakukan tanpa gawai.

Ketegasan ini akan membuat si kecil jadi lebih patuh pada peraturan yang dibuat. Selain itu, ketika anak lapar, biasanya mereka akan lebih fokus pada makanan ketimbang gadget-nya.

4. Jangan Khawatir Jika Porsi Makan Anak Sedikit

Ilustrasi anak menolak makan karena tidak diberi gadget. Foto: Shutterstock
Ilustrasi anak menolak makan karena tidak diberi gadget. Foto: Shutterstock

Anak-anak mungkin akan merajuk dengan peraturan makan tanpa gadget di awal dan akhirnya makan dalam porsi sedikit. Tapi tak perlu khawatir apalagi sampai luluh dan memberi mereka ponsel atau gawai hanya agar mereka makan, Moms.

Hadapi masalah ini dengan cara yang tenang dan tetap tegas menegakkan aturan. Dengan begitu, si kecil bisa lepas dari gadget dan porsi makannya kembali normal.

Baca Juga: Studi Ungkap Penyebab Anak Pilih-pilih Makanan, Benarkah karena Salah Pola Asuh?

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: