terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Sejarah Hari Sumpah Pemuda dan Bunyi Naskahnya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sejarah Hari Sumpah Pemuda dan Bunyi Naskahnya
Sep 28th 2024, 06:38, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi sejarah hari sumpah pemuda - Sumber: Unsplash.com/Leonardus Bima S. Laiyanan
Ilustrasi sejarah hari sumpah pemuda - Sumber: Unsplash.com/Leonardus Bima S. Laiyanan

Sejarah Sumpah Pemuda merupakan salah satu momen paling bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia. Diperingati setiap tanggal 28 Oktober, Sumpah Pemuda menjadi simbol persatuan dan kesatuan bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda.

Kongres Pemuda II yang berlangsung pada tahun 1928 melahirkan naskah bersejarah yang menegaskan pentingnya satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Sejarah Sumpah Pemuda Oktober 1928

Ilustrasi sejarah hari sumpah pemuda - Sumber: pixabay.com
Ilustrasi sejarah hari sumpah pemuda - Sumber: pixabay.com

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Ini adalah salah satu momen penting dalam sejarah Indonesia, karena menjadi salah satu langkah awal dalam memperkuat semangat persatuan di kalangan pemuda Indonesia pada masa penjajahan.

Berdasarkan buku Makna Sumpah Pemuda, Sri Sudarmiyatun, (2021) Sumpah Pemuda merupakan salah satu momen penting yang menjadi tonggak sejarah bangsa Indonesia, khususnya para pemuda.

Sejarah Sumpah Pemuda berkaitan dengan Kongres Pemuda II yang diadakan pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia (sekarang Jakarta). Para pemuda dari berbagai daerah dan suku berkumpul untuk merumuskan satu tujuan besar, yaitu persatuan Indonesia.

Pada masa itu, perjuangan melawan penjajah terpecah-pecah karena adanya perbedaan suku, agama, dan bahasa. Tapi di Kongres Pemuda II, semua perbedaan tersebut dihilangkan. Mereka menyatukan tekad bahwa bangsa Indonesia harus bersatu, dan inilah yang menjadi fondasi lahirnya semangat nasionalisme.

Naskah Sumpah Pemuda yang sangat legendaris berbunyi sebagai berikut:

Sumpah Pemuda:
Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dari naskah ini, terlihat jelas bahwa para pemuda saat itu memiliki visi yang sangat maju, yaitu menyatukan seluruh rakyat Indonesia dalam tiga aspek utama: satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Sumpah Pemuda akhirnya menjadi salah satu titik penting dalam perjalanan menuju kemerdekaan Indonesia di tahun 1945. Hingga sekarang, semangat persatuan yang diikrarkan pada Sumpah Pemuda masih terus kita jaga dan rayakan setiap tahunnya.

Baca Juga: 3 Latar Belakang Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda adalah peristiwa yang berhasil menyatukan para pemuda di seluruh Indonesia dengan tujuan yang sama. Para pemuda Indonesia menciptakan sejarah Sumpah Pemuda dengan harapan dapat melepaskan diri dari penjajahan dengan menegakkan persatuan. (DNR)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: