terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Perempuan Dianiaya Pacar Gara-gara Nggak Balas WA, Begini Kata Komnas Perempuan - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Perempuan Dianiaya Pacar Gara-gara Nggak Balas WA, Begini Kata Komnas Perempuan
Sep 28th 2024, 11:47, by Hutri Dirga Harmonis, kumparanWOMAN

Ilustrasi perempuan. Foto: Raushan_films/Shutterstock
Ilustrasi perempuan. Foto: Raushan_films/Shutterstock

Kasus kekerasan terhadap perempuan kembali terjadi, Ladies. Pengalaman memilukan kali ini datang dari DSY (20 tahun), mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Bangkalan, Jawa Timur yang menjadi korban penganiayaan oleh pacarnya sendiri bernama Achmad Fikri.

Fikri memukul, menampar wajah, hingga memiting DSY di halaman kosnya pada Sabtu (21/9) sore. Peristiwa yang sempat terekam kamera dan viral di media sosial itu terjadi lantaran Fikri kesal sang kekasih tidak menjawab chat WA dan teleponnya. Hal ini diungkapkan oleh Kapolres Bangkalan, AKBP Febri Isman Jaya pada Rabu (25/9).

"AF melakukan penganiayaan ini karena pelaku emosi kepada korban karena dihubungi melalui telepon dan WhatsApp tidak ada respons," jelas Febri.

Padahal, alasan DSY tidak membalas pesan Fikri karena ia sedang beristirahat. Peristiwa penganiayaan ini membuat DSY mengalami luka-luka pada bagian tubuhnya hingga merasa trauma secara psikis. Apalagi terungkap juga bahwa ini sudah keempat kalinya mahasiswi itu mendapatkan tindak kekerasan dari sang kekasih.

Respons Komnas Perempuan

Ilustrasi perempuan. Foto: TimeImage Production/Shutterstock
Ilustrasi perempuan. Foto: TimeImage Production/Shutterstock

Ladies, kasus yang menimpa DSY menambah daftar panjang perempuan menjadi korban kekerasan dari laki-laki. Menurut CATAHU 2023 yang dihimpun Komnas Perempuan, Kekerasan Dalam Pacaran (KDP) menempati urutan tertinggi pada tahun 2023 dengan total 3528 kasus. Sementara pada tahun 2022, tercatat pelaku kekerasan dalam pacaran tertinggi adalah laki-laki berusia 18-24 tahun dengan total 236 kasus.

Komisioner Komnas Perempuan, Dewi Kanti menyebut bahwa hingga saat ini perempun masih rentan mengalami kekerasan berbasis gender di ranah personal seperti hubungan romantis.

"Pola Kekerasan Dalam Pacaran (KDP) yang sering ditemukan itu tipenya berlapis dan berulang, baik kekerasan fisik, psikis, seksual, hingga ekonomi," tutur Dewi kepada kumparanWOMAN Kamis (26/9).

Ilustrasi pasangan yang bahagia. Foto: Q88/Shutterstock
Ilustrasi pasangan yang bahagia. Foto: Q88/Shutterstock

Dewi mengimbau agar perempuan sebaiknya mengenali karakter dasar calon pasangan sejak dini untuk menghindari risiko kekerasan di masa depan. Kita juga bisa mengidentifikasi apakah pasangan atau calon pasangan memiliki perilaku abusive atau tidak.

"Perilaku abusive itu dapat dilihat dari sikap superioritas, dominan atau agresi pasangan, dan biasanya dilakukan dengan memanfaatkan cinta korban terhadap pelaku, mengumbar hingga ingkar janji," imbuh Dewi.

Menurut Dewi, pelaku KDP bisa dijerat dengan hukum sesuai dalam ketentuan Kitab UU Hukum Pidana KUHP. Selain itu, dalam banyak kasus KDP juga banyak ditemukan korban mengalami kekerasan seksual, sehingga pelaku juga bisa diancam hukuman sesuai dengan UU No.12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS).

Karenanya, bila kamu mengalami tindak kekerasan baik fisik maupun seksual dari pasangan –apalagi di level pacaran– jangan ragu untuk meninggalkan. Tak perlu takut juga untuk melaporkan pelaku ke pihak berwajib dan lembaga perlindungan seperti Komnas Perempuan.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: