terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Pinjol Ilegal Berbentuk Koperasi Bikin Resah di Sulawesi Utara - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pinjol Ilegal Berbentuk Koperasi Bikin Resah di Sulawesi Utara
Jul 12th 2024, 00:03, by Tim Manado Bacirita, Manado Bacirita

Ilustrasi Pinjaman Online. Foto: Dok. Finmas
Ilustrasi Pinjaman Online. Foto: Dok. Finmas

MANADO - Maraknya aksi pinjaman online (Pinjol) ilegal turut menjadi sorotan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Apalagi sejumlah masyarakat mengeluhkan adanya aktivitas Pinjol ilegal yang mengatasnamakan koperasi.

Merespons hal itu, Tahlis Galang, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulut, menyebut berbagai upaya pencegahan serta penanganan telah dilakukan oleh pemerintah, salah satunya dengan memblokir sejumlah rekening yang terlibat pinjol.

"Jadikan ada pinjol ilegal yang mengatasnamakan koperasi, itu kami langsung bekukan dengan satgas PASTI, di dalamnya ada DJPb, OJK, Kepolisian dan lainnya. Kami terus lakukan monitoring, karena memang ada keluhan masyarakat," ujar Tahlis.

Selain itu, Tahlis mengatakan jika monitoring terhadap aktivitas koperasi yang legal pun kini turut diperkuat. Sehingga fungsi koperasi dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Utara, Tahlis Galang
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Utara, Tahlis Galang

Katanya, koperasi yang ketahuan bertindak nakal akan diberikan sanksi, mulai dari teguran hingga pembekuan izin. Oleh karena itu, dia meminta agar seluruh jajarannya di kabupaten dan kota juga dapat menjalankan fungsi pengawasan.

"Koperasi yang berbadan hukum kami lakukan pemantauan, seperti koperasi simpan pinjam. Kalau ketahuan beri pinjaman ke luar anggotanya atau bunga pinjamannya di atas dua persen per bulan maka kita beri sanksi," katanya.

Tahlis juga mengatakan jika upaya-upaya penguatan koperasi juga terus dikerjakan. Tahlis menyebut penguatan itu untuk mendorong koperasi masuk dalam kategori sehat, baik secara administrasi maupun fungsi yang dijalankan.

"Jadi ada diklat yang kita buat untuk meningkatkan pengelolaan koperasi. Jadi koperasi aktif di Sulut itu sebanyak 3.557. Di bawah naungan dinas provinsi 329 koperasi, yang masuk kategori sehat mungkin baru 60 persen. Itu jadi PR" ujarnya lagi.

swingly m

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: