terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Di Universitas Terbuka Yogya, Masa Studi Mahasiswa Bisa Pilih sampai 24 Tahun - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Di Universitas Terbuka Yogya, Masa Studi Mahasiswa Bisa Pilih sampai 24 Tahun
Jul 6th 2024, 12:57, by Nawalre Nurshafa, Pandangan Jogja

Gedung Universitas Terbuka (UT) Yogyakarta. Foto: Arif UT/Pandangan Jogja
Gedung Universitas Terbuka (UT) Yogyakarta. Foto: Arif UT/Pandangan Jogja

Universitas Terbuka (UT) Yogyakarta merupakan perguruan tinggi yang memiliki misi untuk memproduksi sebanyak-banyaknya sarjana. Mereka tidak pernah membatasi usia, masa studi, hingga masa lulus dari sekolah menengah atas (SMA) pun tidak dibatasi. Maka dari itu, mahasiswa di UT masa studinya sangat beragam, mulai dari 4 hingga 24 tahun kelulusan.

"Mau cepat-cepatan boleh, mau berlama-lama juga boleh. Kalau yang cepat-cepat ambil sistem paket semester (SIPAS), 8 semester dan 4 tahun selesai. Kalau yang ingin berlama-lama juga boleh, tiap semester ambil 1 mata kuliah sehingga nanti kalau ada 50 atau 48 matkul berarti kan 48 semester, 24 tahun. Nah itu boleh nggak di UT? boleh," kata Direktur UT Yogyakarta, Agus Santoso, beberapa waktu lalu saat ditemui Pandangan Jogja.

Direktur UT Yogyakarta, Agus Santoso. Foto: Arif UT/Pandangan Jogja
Direktur UT Yogyakarta, Agus Santoso. Foto: Arif UT/Pandangan Jogja

Agus menjelaskan bahwa prinsip yang dipegang oleh UT Yogyakarta adalah "live long education" yang memberikan semangat bagi siapapun untuk belajar sepanjang hayat sehingga tidak ada sama sekali pembatasan usia untuk mendaftar di universitas satu ini.

"Karena sistem terbuka tadi, ketika wisuda sering terjadi momen wisudawan yang ternyata dulu bekas gurunya ketemu dengan muridnya, bahkan kakek ketemu dengan cucunya. Universitas itu kan live long education. Jadi, belajar sepanjang hayat itu konsep yang dipegang UT," ungkap Agus.

UT Yogyakarta adalah salah satu dari 39 unit program belajar jarak jauh (UPBJJ) di seluruh Indonesia dan luar negeri. Mereka menggunakan sistem pembelajaran yang tidak mengharuskan para mahasiswa untuk langsung bertatap muka.

Piagam peresmian gedung UT Yogyakarta oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Hamengku Buwono X. Foto: Arif UT/Pandangan Jogja
Piagam peresmian gedung UT Yogyakarta oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Hamengku Buwono X. Foto: Arif UT/Pandangan Jogja

"Mahasiswa tidak perlu datang ke kampus tapi kampus yang mendatangi rumah-rumah mereka untuk belajar. Nantinya ada bantuan belajar terbimbing yang hanya 8 kali pertemuan manakala mahasiswa ketika belajar mandiri mengalami kesulitan. Jadi kami mendidik mereka menjadi pembelajar yang tangguh," jelas Agus.

Ke depannya, Agus berharap UT Yogyakarta akan makin digemari dan menjadi pilihan utama bagi generasi Z. Dia mengungkapkan, bahkan saat ini saja sudah makin banyak generasi muda yang ingin masuk UT Yogyakarta.

"Harapan kami, UT ke depannya makin menjadi pilihan utama bagi generasi Z. Alhamdulillah, dulu yang masuk ke UT itu adalah senior-senior yang usianya 40 tahun ke atas, dan saat ini sudah digandrungi anak muda, UT Jogja sendiri sudah 70 persen (anak muda)," papar Agus.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: