terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Bikin Konten DIY Sunscreen, Influencer Nara Smith Dikecam Banyak Dokter Kulit - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bikin Konten DIY Sunscreen, Influencer Nara Smith Dikecam Banyak Dokter Kulit
Jul 6th 2024, 11:57, by Hutri Dirga Harmonis, kumparanWOMAN

Influencer Nara Smith bikin konten DIY sunscreen hingga dikecam dokter kulit. Foto: Instagram @naraaziza
Influencer Nara Smith bikin konten DIY sunscreen hingga dikecam dokter kulit. Foto: Instagram @naraaziza

Influencer dan Content Creator AS, Nara Smith dikenal sebagai sosok yang kerap membuat resep makanan homemade dan tips kecantikan di media sosial. Namun baru-baru ini ia menjadi perbincangan karena membuat kreasi DIY sunscreen.

Di salah satu konten TikTok-nya, Nara bilang bahwa dirinya kehabisan stok sunscreen. Ia dan suaminya, Lucky Blue Smith pun memutuskan untuk membuat sunscreen sendiri dari bahan-bahan dapur.

@dailymail

Influencer Nara Smith slammed after making her own sunscreen 😳 #narasmith #tradwife #sunscreen #suncream #fromscratch #dermatologist

♬ original sound - Sped Up Audios

Dalam video yang kini sudah ditonton lebih dari 18 juta kali itu, mereka membuat racikan sunscreen dari campuran minyak kelapa, lilin lebah, shea butter, mentega, kakao, dan minyak jojoba. Kemudian mereka menambahkan bubuk bernama zinc oxide, yaitu salah satu bahan yang memang digunakan dalam pembuatan sunscreen.

Campuran bahan-bahan itu kemudian dipanaskan di atas kompor hingga menjadi cairan berwarna putih susu. Setelah itu, mereka memasukkannya ke dalam wadah dan mendiamkannya beberapa jam hingga berubah bentuk menjadi krim. Nara pun sempat mencoba tekstur sunscreen kreasinya di kulit sang suami.

Dokter kulit bilang sunscreen DIY harus dihindari

Ilustrasi sunscreen. Foto: Greatwork studio/Shutterstock
Ilustrasi sunscreen. Foto: Greatwork studio/Shutterstock

Namun videonya yang viral kali ini mendapatkan respons negatif netizen hingga kecaman dari beberapa dokter kulit. Sunscreen buatannya dianggap tidak efektif bahkan bisa membahayakan kulit. Karenanya, dokter kulit mengingatkan netizen di kolom komentar Nara untuk tidak mencoba membuatnya juga di rumah.

"Tabir surya buatan sendiri harus dihindari karena tidak ada cara untuk mengetahui seberapa efektif formulanya dan seberapa banyak perlindungan yang akan diberikannya. Kreasi ini dapat memberikan rasa aman yang salah dan justru membuat seseorang rentan terhadap sengatan matahari atau potensi iritasi," ujar dokter kulit dari New York City, Dr Maris Garshick kepada Glamour seperti dikutip dari New York Post.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh dokter kulit lainnya, Dr Hannah Kopelman yang mengatakan bahwa sunscreen buatan sendiri tentu tidak efektif karena tidak melalui pengujian ketat seperti pada produk tabir surya di pasaran.

Ilustrasi  sunscreen. Foto: Anna Gawlik/Shutterstock
Ilustrasi sunscreen. Foto: Anna Gawlik/Shutterstock

Manfaat sunscreen biasanya ditentukan dari formulasinya dan ditunjukkan dengan peringkat faktor perlindungan matahari yang terverifikasi. Mulai dari pengukuran seberapa baik sunscreen itu dapat menghalangi sinar matahari yang berbahaya dan berapa kadar SPF di dalamnya seperti 30 atau 50 yang semuanya tidak bisa ditentukan lewat takaran bahan-bahan dapur pada konten Nara.

Bahkan sunscreen buatan Nara juga dikatakan mengandung bahan-bahan yang memberikan efek sebaliknya pada kulit alih-alih memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari.

"Minyak kelapa dan minyak jojoba dapat menarik sinar matahari dan menyebabkan kulit terbakar," tutur dokter kulit dari Los Angeles, Dr Mina Amin.

Selain itu, lilin lebah, shea butter, dan kokoa yang terkandung di dalam sunscreen buatan Nara memang bisa digunakan untuk menghidrasi kulit, namun tetap tidak efektif untung menangkal sinar matahari.

Jadi, jangan coba-coba untuk membuat kreasi sunscreen sendiri seperti Nara ya, Ladies. Percayakan saja kebutuhan tabir surya kepada produk-produk di pasaran yang sudah melalui serangkaian uji klinis.

Sosok influencer Nara Smith

Nara Smith sendiri bukan lah sosok influencer baru di media sosial. Nara sudah lama dikenal sebagai kreator yang membuat semua konten memasak dari nol yang ia sebut dengan istilah from scratch. Dia bahkan pernah membuat permen karet dan yogurt sendiri dari bahan-bahan dapurnya yang kemudian viral dengan jutaan views.

Nggak hanya makanan, ia juga membuat hampir semua kebutuhan tubuhnya sendiri termasuk DIY pasta gigi dan yang terbaru sunscreen. Kendati demikian, Nara sebenarnya tidak membuat makanan dan produk kecantikan secara asal-asalan, Ladies.

Sebab, Nara didiagnosis menderita autoimun setelah melahirkan anak keduanya yang menimbulkan reaksi eksim apabila ia menggunakan produk atau mengonsumsi makanan tertentu. Itu lah alasan yang membuatnya harus membuat sendiri semua kebutuhannya selama ini.

Nara dulunya juga pernah aktif menjadi model yang menjadi jalannya untuk bertemu dengan sang suami, Lucky Blue Smith. Keduanya menikah pada tahun 2020 lalu dan kini sudah memiliki tiga orang anak.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: