terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Lontong Cecek Khas Sidoarjo Pecahkan Rekor MURI - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Lontong Cecek Khas Sidoarjo Pecahkan Rekor MURI
Sep 27th 2024, 10:01, by Ela Nurlaela, kumparanFOOD

Ilustrasi lontong opor krecek. Foto: Shutterstock
Ilustrasi lontong opor krecek. Foto: Shutterstock

Sidoarjo, Jawa Timur, kini semakin dikenal melalui kuliner khasnya, yaitu lontong cecek. Pada acara Jayandaru Parade Selera Rasa Nusantara, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan menyajikan sebanyak 1.050 porsi lontong cecek secara gratis kepada masyarakat.

Dikutip dari laman MURI, lontong cecek merupakan hidangan legendaris Sidoarjo yang biasa dijumpai pada malam hari. Berbeda dari lontong biasa, lontong cecek terbuat dari bahan utama kulit sapi yang sudah dimasak hingga empuk, kemudian disajikan dengan lontong dan kuah santan bercita rasa khas.

Proses pembuatannya cukup menarik. Bumbu-bumbu segar seperti petis, cabai, dan gula putih diulek langsung di atas wadah, kemudian dicampur dengan kuah santan yang telah dimasak bersamaan dengan cecek. Hasilnya adalah perpaduan rasa yang kaya, dengan rasa gurih dari santan, pedas dari cabai, manis dari gula, dan kenyal dari kulit sapi.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Sidoarjo, Subandi, menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang diterima lontong cecek sebagai kuliner khas asli Sidoarjo. Acara ini sendiri berlangsung pada Minggu (22/9) di Alun Alun Sidoarjo, Jawa Timur.

"Alhamdulillah, Sidoarjo mendapatkan penghargaan untuk lontong cecek, yang merupakan makanan khas daerah asli Sidoarjo," kata Subandi dikutip dari Antara, Jumat (27/9).

Menurut Subandi, raihan rekor MURI ini juga menjadi langkah penting dalam memperkenalkan lontong cecek ke masyarakat luas, baik dalam maupun luar Sidoarjo. Ia berharap, dengan pencapaian ini, kuliner khas daerah tersebut dapat lebih dikenal dan dicintai oleh masyarakat.

"Mudah-mudahan dengan rekor MURI ini, masyarakat dapat menyukai rasanya dan bangga Sidoarjo memiliki makanan khas lontong cecek," tambahnya.

Sementara itu, Kabid Pariwisata dari Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo, Vira Murti Krida Laksmi, menjelaskan bahwa rekor ini menjadi bukti pencapaian penting bagi eksistensi lontong cecek sebagai warisan kuliner daerah.

"Sebanyak 100 koki memasak lontong cecek di Jayandaru sejak pagi dan langsung membagikannya kepada masyarakat yang datang," ujarnya.

Vira juga menyebut, Pemkab Sidoarjo memilih lontong cecek untuk diajukan ke rekor MURI tidak datang secara tiba-tiba. Sebelumnya, lontong kupang, salah satu kuliner khas lainnya dari Sidoarjo, juga telah meraih penghargaan serupa.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: