terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Apakah Blau Ampuh untuk Mengatasi Gondongan pada Anak? - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apakah Blau Ampuh untuk Mengatasi Gondongan pada Anak?
Aug 24th 2024, 11:00, by Nur Khafifah, kumparanMOM

Ilustrasi anak mengalami gondongan. Foto: lllonajalll/Shutterstock
Ilustrasi anak mengalami gondongan. Foto: lllonajalll/Shutterstock

Beberapa waktu belakangan ini, kasus gondongan pada anak naik di Jakarta dan sejumlah daerah lain. Nah, salah satu cara yang sering dipercaya dapat mengatasi gondongan adalah dengan mengoleskan blau.

Blau atau belau adalah bubuk berwarna biru yang digunakan untuk membilas pakaian agar berwarna kebiruan. Pada zaman dulu, blau banyak dipakai untuk pakaian putih yang sudah agak kusam, untuk mengurangi tampilan kusamnya.

Tapi sebetulnya, benar enggak sih blau bisa dipakai untuk mengatasi gondongan pada anak? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Blau untuk Atasi Gondongan, Apakah Ampuh?

Ilustrasi belau. Foto: Indri Hayani/Shutterstock
Ilustrasi belau. Foto: Indri Hayani/Shutterstock

Sebelumnya perlu dipahami bahwa gondongan atau dalam istilah medis disebut mumps, adalah penyakit yang tak bisa diobati. Ya, menurut Ketua UKK Infeksi dan Penyakit Tropik IDAI dr. Anggraini Alam, SpA(K), gondongan disebabkan oleh virus dan hanya bisa dicegah dengan vaksinasi.

"Jangan pakai blau ya, karena itu sebetulnya local wisdom. Orang tua kita dulu itu pengin ngomong kalau ini bahaya, bisa menular sampai mana-mana, jangan dekat-dekat, gitu," kata perempuan yang akrab disapa dr Anggi ini.

Hanya saja, gejala gondongan bisa dikurangi dengan memperbanyak air liur untuk mengurangi pembengkakan dan mendorong virusnya keluar. Caranya, antara lain dengan mengunyah permen karet atau meneteskan jeruk nipis.

"Paling gampang dengan bubble gum dan juga jeruk nipis. Jeruk nipis dicium aja atau teteskan ke lidah satu tetes aja, itu pasti keluar liur," tutur dr Anggi.

Ia mengingatkan, gondongan adalah penyakit yang sangat menular karena penularannya bisa terjadi melalui droplet. Menurut dr Anggi, tiap 1 anak yang mengalami gondongan, bisa menularkan hingga 7 anak lain.

Jadi, jika anak mengalami gondongan, jangan biarkan ia berinteraksi di tempat umum, termasuk sekolah ya, Moms. Jangan lupa terapkan pola hidup bersih sehat agar anggota keluarga lainnya terlindungi.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: