terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Telkom Investasi Triliunan Rupiah di AI, Buka Kolaborasi dengan Startup AI - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Telkom Investasi Triliunan Rupiah di AI, Buka Kolaborasi dengan Startup AI
Jul 28th 2024, 11:04, by Muhammad Fikrie, kumparanTECH

Muhammad Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business Telkom Indonesia. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan
Muhammad Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business Telkom Indonesia. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan

Telkom Indonesia memandang artificial intelligence (AI) sebagai salah satu teknologi yang berkembang sangat cepat saat ini. Dengan potensi yang luar biasa, Telkom gencar melakukan investasi di AI dan berkolaborasi dengan perusahaan rintisan (startup) di bidangnya.

Perusahaan digital telco itu melihat ada dua potensi kecerdasan buatan. Pertama, AI dapat menciptakan bisnis dan peluang baru, kemudian kedua, melakukan peningkatan bisnis dengan menggunakan artificial intelligence.

Oleh sebab itu, Telkom berkomitmen dalam mengembangkan AI yang berdampak positif. Beberapa langkah sudah dilakukan, salah satunya dengan investasi.

"Kami percaya salah satu teknologi yang berkembang itu adalah AI. AI ini menjadi salah satu bidang di mana kami melakukan investasi agar bisa lebih berkembang lagi di bidangnya," ujar Direktur Digital Business Telkom Indonesia, Muhammad Fajrin Rasyid, di acara Digiland 2024 yang berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (27/7).

Muhammad Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business Telkom Indonesia, dalam sesi konferensi bertema Elevating Your Future di Telkom Digiland 2024 di GBK Senayan, Sabtu (27/7). Foto: Muhammad Fikrie/kumparan
Muhammad Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business Telkom Indonesia, dalam sesi konferensi bertema Elevating Your Future di Telkom Digiland 2024 di GBK Senayan, Sabtu (27/7). Foto: Muhammad Fikrie/kumparan

Fajrin tidak mengungkap detail nominal investasinya. Namun, Telkom disebutnya sudah menggelontorkan sekitar triliunan rupiah untuk AI, yang angkanya akan semakin sebesar seiring dengan tumbuhnya pasar artifical intelligence di Indonesia maupun dunia dalam beberapa tahun ke depan.

Kalau kita bicara total (investasi di AI), itu menyentuh angka triliun (rupiah). Saya pikir kalau bicara ke depan, tentu porsi investasi akan besar. Pasar AI di Indonesia maupun dunia masih tumbuh sangat pesat.- Muhammad Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business Telkom Indonesia -

Selain investasi, Telkom juga bekerja sama dengan startup atau pihak lain untuk pengembangan AI. Beberapa contoh startup yang sudah didukung Telkom bergerak di bidang image atau video recognition, serta chatbot communication text.

Telkom juga menggandeng raksasa teknologi macam Google dan Microsoft untuk pemanfaatan AI.

"Kami juga terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak. Kami membangun kapabilitas AI, termasuk melakukan investasi," tambah Fajrin.

The Telkom Hub, kantor pusat Telkom Indonesia di Jakarta. Graha Merah Putih adalah gedung tertua di kompleks perkantoran ini. Foto: Dok. Telkom
The Telkom Hub, kantor pusat Telkom Indonesia di Jakarta. Graha Merah Putih adalah gedung tertua di kompleks perkantoran ini. Foto: Dok. Telkom

Implementasi AI telah dilakukan Telkom pada anak usahanya, Telkomsel. Operator seluler itu memanfaatkan artificial intelligence untuk membuat proses layanan pelanggan menjadi lebih cepat dan lebih baik.

Telkom sendiri juga telah memanfaatkan AI. Teknologi kecerdasan buatan membantu perusahaan dalam merencanakan pengembangan jaringan menjadi lebih efisien dan tepat sasaran.

Karena kecerdasan buatan termasuk teknologi baru, Telkom perlu melakukan pengembangan kapabilitas perusahaan. Peningkatan ini juga dilakukan kepada sumber daya manusianya.

"Oleh karena itu, kami banyak melakukan pelatihan internal kepada karyawan kami untuk lebih update, lebih menguasai terkait AI," kata Fajrin.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: