terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Perbedaan Antara Leukoplas Kromoplas dan Kloroplas dalam Sel Tumbuhan - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Perbedaan Antara Leukoplas Kromoplas dan Kloroplas dalam Sel Tumbuhan
Aug 2nd 2024, 20:30, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi untuk Jelaskan Perbedaan Antara Leukoplas, Kromoplas, dan Kloroplas. Sumber: Unsplash/Jachan Devol
Ilustrasi untuk Jelaskan Perbedaan Antara Leukoplas, Kromoplas, dan Kloroplas. Sumber: Unsplash/Jachan Devol

Tumbuhan mendapatkan makanan melalui proses fotosintesis. Fotosintesis terjadi di dalam plastida. Plastida ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu leukoplas, kromoplas, dan kloroplas. Jelaskan perbedaan antara leukoplas, kromoplas, dan kloroplas!

Setiap jenis plastida tersebut memiliki fungsi khusus. Salah satu perbedaan plastida-plastida tersebut adalah dari pigmen yang dikandungnya.

Jelaskan Perbedaan Antara Leukoplas, Kromoplas, dan Kloroplas pada Tumbuhan! Ini Penjelasannya

Ilustrasi untuk Jelaskan Perbedaan Antara Leukoplas, Kromoplas, dan Kloroplas. Sumber: Unsplash/Ra Orantes
Ilustrasi untuk Jelaskan Perbedaan Antara Leukoplas, Kromoplas, dan Kloroplas. Sumber: Unsplash/Ra Orantes

Apa itu plastida? Mengutip dari Biologi Umum untuk Mahasiswa IPA, Khosi'in (2018:57), plastida adalah struktur khusus yang diselimuti oleh sistem membran rangkap. Plastida merupakan bagian dari tumbuhan yang bersifat hidup.

Plastida digolongkan menjadi beberapa macam berdasarkan warna dan fungsinya, yaitu leukoplas, kromoplas, dan kloroplas. Jelaskan perbedaan antara leukoplas, kromoplas, dan kloroplas! Berikut adalah penjelasannya.

1. Leukoplas

Leukoplas merupakan plastida yang tidak memiliki pigmen apa pun sehingga tidak berwarna. Leukoplas ditemukan pada jaringan tumbuhan non fotosintesis, misalnya akar. Walaupun tidak berperan dalam proses fotosintesis, leukoplas berperan untuk menyimpan.

Leukoplas mampu menyimpan berbagai macam zat, tergantung pada jenisnya. Leukoplas bisa berupa amiloplas untuk menyimpan pati, proteinoplas untuk menyimpan protein, dan elainoplas untuk menyimpan lemak.

2. Kromoplas

Kromoplas merupakan plastida yang mensintesis dan menyimpan pigmen selain klorofil. Salah satu pigmen yang terkandung dalam kromoplas adalah karoten yang warnanya merah kekuningan dan xantofil yang warnanya cokelat.

Kromoplas dapat ditemukan pada beberapa bagian tumbuhan seperti bunga, buah, dan daun yang telah menua. Jadi, kromoplas merupakan kloroplas yang menua. Klorofil yang terdapat dalam kloroplas mena perlahan dan menghilang.

3. Kloroplas

Kloroplas merupakan jenis plastida yang mengandung pigmen klorofil a dan b, DNA, dan RNA. Karena kloroplas mengandung klorofil atau pigmen hijau, jenis plastida ini menjadi plastida utama dalam proses fotosintesis. Oleh karena itu, kloroplas dapat ditemukan pada jaringan fotosintesis seperti daun.

Mengetahui Fungsi Plastida

Ilustrasi untuk Jelaskan Perbedaan Antara Leukoplas, Kromoplas, dan Kloroplas. Sumber: Unsplash/Natalie Thornley
Ilustrasi untuk Jelaskan Perbedaan Antara Leukoplas, Kromoplas, dan Kloroplas. Sumber: Unsplash/Natalie Thornley

Tumbuhan terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsinya masing-masing. Beberapa fungsi plastida adalah sebagai berikut.

  • Sebagai tempat terjadinya fotosintesis.

  • Meningkatkan kemampuan penyimpanan cadangan makanan.

  • Menarik polinator.

  • Sebagai tempat penyimpanan makanan.

  • Sebagai pembeda antara tumbuhan dan hewan.

  • Tempat untuk memproduksi protein.

Baca juga: Hasil dari Proses Fotosintesis dan Komponennya

Jelaskan perbedaan antara leukoplas, kromoplas, dan kloroplas! Salah satu perbedaannya adalah dari pigmen yang dikandung plastida tersebut. (KRIS)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: