terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Cara Perpindahan Aliran Energi melalui Rantai Makanan pada Suatu Ekosistem - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cara Perpindahan Aliran Energi melalui Rantai Makanan pada Suatu Ekosistem
Aug 2nd 2024, 20:44, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi untuk jelaskan cara aliran energi melalui rantai makanan. Sumber: pexels.com/Abhinav Mishra
Ilustrasi untuk jelaskan cara aliran energi melalui rantai makanan. Sumber: pexels.com/Abhinav Mishra

Jelaskan cara perpindahan aliran energi melalui rantai makanan! Aliran energi adalah suatu rangkaian perpindahan suatu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. Contohnya energi sinar matahari yang berpindah ke tumbuhan sebagai produsen.

Aliran energi dalam rantai makanan berpindah melalui proses makan memakan. Tumbuhan sebagai produsen atau komponen autotrof dimakan oleh hewan herbivora yang kemudian dimakan hewan karnivora.

Jelaskan Cara Aliran Energi melalui Rantai Makanan!

Ilustrasi untuk jelaskan cara aliran energi melalui rantai makanan. Sumber: pexels.com/Elena Blessing
Ilustrasi untuk jelaskan cara aliran energi melalui rantai makanan. Sumber: pexels.com/Elena Blessing

Menurut buku Biologi 1: Mengungkap Rahasia Alam Kehidupan SMP Kelas VII oleh Kadaryanto, S.Pd, dkk (2006: 167-168), energi dapat diubah dari suatu bentuk ke bentuk lainnya. Dalam sebuah ekosistem, aliran energi terjadi melalui rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

Jelaskan cara aliran energi melalui rantai makanan adalah pertanyaan mengenai bagaimana energi dapat berpindah dalam rantai makanan. Dalam rantai makanan, tumbuhan berperan sebagai produsen bagi hewan herbivora yang memakan tumbuh-tumbuhan.

Herbivora adalah sumber makanan bagi hewan-hewan karnivora, yaitu hewan-hewan pemakan daging hewan lainnya. Produsen, herbivora, dan karnivora adalah sumber makanan bagi omnivora atau pemakan segalanya.

Jika terdapat produsen, herbivora, karnivora, dan omnivora yang mati, maka organisme tersebut manjadi sumber makanan bagi makhluk pengurai atau dekomposer yang terdiri dari bakteri dan jamur.

Bagaimana mekanisme perpindahan aliran energi dalam rantai makanan? Contohnya dalam ekosistem padang rumput, dalam tubuh tumbuhan hijau, seperti daun-daunan atau rumput terdapat makanan yang mengandung energi kimia yang dihasilkan proses fotosintesis.

Menurut buku Energi Terbarukan oleh Dr. Hamdi, M.Si (2016: 60), Proses fotosintesis yang dilakukan tumbuhan hijau mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia. Hasil fotosintesis adalah glukosa atau karbohidrat yang merupakan sumber energi bagi hewan atau manusia.

Tumbuhan hijau itu lalu dimakan oleh hewan herbivora, seperti rusa. Begitu tumbuhan dimakan oleh rusa, maka berpindah pula energi kimia yang terkandung dalam tumbuhan ke dalam tubuh rusa.

Begitu pula saat rusa dimakan oleh karnivora, seperti singa sehingga energi berpindah dari rusa ke singa. Lewat proses respirasi, energi kimia dioksidasi sehingga dihasilkan energi kinetik yang berfungsi melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan.

Baca juga: Urutan Rantai Makanan Laut Lengkap dengan Penjelasannya

Itulah jawaban untuk pertanyaan jelaskan cara aliran energi melalui rantai makanan. Perpindahan energi melalui rantai makanan dilakukan melalui proses makan memakan antar organisme. (IND)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: