terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Studi Baru Temukan Manfaat Minum 3 Gelas Kopi Tanpa Gula, Begini Penjelasannya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Studi Baru Temukan Manfaat Minum 3 Gelas Kopi Tanpa Gula, Begini Penjelasannya
Sep 23rd 2024, 11:00, by Azalia Amadea, kumparanFOOD

Ilustrasi kopi dalam gelas hijau. Foto: Makistock/Shutterstock
Ilustrasi kopi dalam gelas hijau. Foto: Makistock/Shutterstock

Manfaat minum kopi memang sudah banyak kita ketahui. Tapi studi baru satu ini semakin memperkuat penemuan sebelumnya.

Mengutip siaran resmi yang diterbitkan beberapa waktu lalu (17/9), penelitian baru dalam Jurnal Endokrinologi Klinis & Metabolisme milik Endocrine Society, para ilmuwan dari Suzhou Medical College of Soochow University, di China; mengungkapkan bahwa mengonsumsi kopi atau kafein secara teratur dalam jumlah sedang, mampu menurunkan risiko multimorbiditas kardiometabolik (CM).

Diketahui, kardiometabolik merupakan sindrom dari kumpulan kelainan metabolik yang menjadi faktor risiko penyakit kardiovaskular; seperti jantung koroner hingga stroke.

Para peneliti menganalisis data dari UK Biobank, yakni sebuah studi longitudinal besar dengan lebih dari 500.000 peserta berusia antara 37 dan 73 tahun. Namun dari data tersebut, para peneliti kemudian hanya memilih 350.000 data peserta yang dinyatakan sah.

Kelompok peserta yang dihasilkan mencakup total 172.315 individu yang bebas dari penyakit kardiometabolik apa pun pada awal untuk analisis kafein, dan 188.091 individu yang sesuai untuk analisis konsumsi kopi dan teh.

Ilustrasi minum kopi bikin jantung berdebar. Foto: Doucefleur/Shutterstock
Ilustrasi minum kopi bikin jantung berdebar. Foto: Doucefleur/Shutterstock

Kemudian hasilnya, studi tersebut menemukan, dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi kurang dari 100 miligram kafein per hari; mereka yang mengonsumsi 300 miligram (setara 3 cangkir) per hari, justru memiliki risiko 48,1 persen lebih rendah terhadap penyakit kardiometabolik.

"Mengonsumsi tiga cangkir kopi, atau 200-300 mg kafein, per hari dapat membantu mengurangi risiko mengembangkan multimorbiditas kardiometabolik pada individu tanpa penyakit kardiometabolik apa pun," kata penulis utama studi tersebut Chaofu Ke, MD, Ph.D., dari Departemen Epidemiologi dan Biostatistik, Sekolah Kesehatan Masyarakat di Suzhou Medical College of Soochow University.
Ilustrasi minum kopi bikin jantung berdebar. Foto: Mike_shots/Shutterstock
Ilustrasi minum kopi bikin jantung berdebar. Foto: Mike_shots/Shutterstock

Meski begitu, perlu diingat, bahwa kafein yang dimaksud adalah asupan kopi murni tanpa tambahan bahan lain. Tentunya, kamu lebih baik mengonsumsi kopi tanpa tambahan gula, krimer, ataupun susu.

Dan, ingatlah juga, bahwa temuan ini melibatkan mereka yang mengonsumsi kopi dalam jumlah sedang, yakni tiga cangkir per hari. Temuan ini juga tidak berlaku bagi mereka yang berkebutuhan khusus, seperti ibu hamil atau dengan kondisi jantung tertentu. Maka itu, pastikan kembali kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya sebelum mengikuti temuan ini, ya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: