terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Kata teman kumparanZ tentang Bahasa Gen Alpha yang Unik - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kata teman kumparanZ tentang Bahasa Gen Alpha yang Unik
Sep 22nd 2024, 09:00, by teman kumparan, teman kumparan

Ilustrasi balas chat. Foto: leungchopan/Shutterstock
Ilustrasi balas chat. Foto: leungchopan/Shutterstock

Bahasa cakap terus mengalami pergeseran dan perluasan makna seiring waktu. Enggak cuma Gen Z yang punya kosakata unik, tapi Gen Alpha juga punya deretan istilah baru yang enggak kalah menarik.

Pembahasan soal bahasa Gen Alpha ini sempat jadi perbincangan hangat di media sosial. Pasalnya, kosakata yang diciptakan oleh generasi kelahiran 2010-2024 ini cukup unik dan asing didengar.

Misalnya kata "Rizz" yang ternyata memiliki makna gaya seseorang yang dianggap keren atau stylish. Kosakata ini diambil dari kata "charismatic" yang berarti pesona menarik yang ada dalam kepribadian seseorang.

Biasanya, kata Rizz ini digunakan untuk memuji penampilan seseorang. Member teman kumparan punya pengalaman menarik nih terkait istilah-istilah baru yang dimunculkan Gen Alpha. Yuk kepoin cerita mereka lewat artikel berikut ini.

Bahasa Gen Alpha Menurut Gen Z

Caca Tavisya, member teman kumparanZ. Foto: dok istimewa
Caca Tavisya, member teman kumparanZ. Foto: dok istimewa

Jarak usia yang cukup jauh antara Gen Z dan Gen Alpha membuat kedua generasi ini memiliki kepribadian dan karakter yang sedikit berbeda. Gen Alpha yang sudah terpapar teknologi sejak lahir disebut lebih gaul dibandingkan Gen Z.

Maka tak heran kalau bahasa yang dipilih Gen Alpha pun lebih bervariatif. Biasanya, mereka mengadopsi kosakata bahasa Inggris untuk dijadikan bahasa slang dalam percakapan sehari-hari.

Caca Tavisya, member teman kumparanZ bilang kalau ia sering dengar kosakata baru dari Gen Alpha. Saat pertama kali mendengarnya, ia sedikit kebingungan karena istilah yang digunakan tidak familiar.

"Sebenarnya setiap generasi punya istilah-istilah tersendiri sih. Kadang aku bingung dengan bahasa Gen Alpha, begitu pun mungkin sebaliknya. Jadi buat pengetahuan baru aja hihi," kata Caca.

Caca sendiri cerita kalau di lingkungan tempat tinggalnya banyak anak-anak Gen Alpha. Walau sering bermain dan berkomunikasi dengan mereka, Caca masih saja dibuat kebingungan dengan istilah-istilah yang mereka gunakan.

Fabio Dengara, member teman kumparanZ. Foto: dok istimewa
Fabio Dengara, member teman kumparanZ. Foto: dok istimewa

"Kadang aku agak roaming ketika dengar bahasa mereka, tapi pelan-pelan ngerti juga sih. Misalnya Big L yang artinya kalah, skibidi yang artinya jelek, dan masih banyak lagi."

Caca bilang kalau pergeseran bahasa ini sebenarnya wajar saja terjadi. Setiap generasi punya caranya sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain agar lebih efisien dan mudah dimengerti.

"Wajar aja sih, karena kalo Gen Alpha kan emang dari kecil sudah terpapar smartphone, internet, dan teknologi lainnya. Jadi, mereka lebih open terhadap informasi apapun dari luar. Yang penting pengawasan orang tua aja sih."

Pengalaman serupa dirasakan oleh Fabio Dengara, member lain teman kumparanZ. Sebagai anak Gen Z, Fabio mengaku sudah mulai familiar dengan kosakata khas Gen Alpha.

"Gen Alpha tuh punya istilah-istilah unik yang terdengar asing, tapi kekinian. Sebagian besar aku paham sih artinya, kayak skibidi, Rizz, dan lain-lain," cerita Fabio kepada kumparan.

Daftar Istilah Baru Gen Alpha

Ilustrasi percakapan Gen Alpha di media sosial. Foto: Saphira Barsel
Ilustrasi percakapan Gen Alpha di media sosial. Foto: Saphira Barsel

Mungkin sebagian dari kamu belum familiar dengan kosakata baru apa saja yang diciptakan oleh Gen Alpha. Nah, berikut daftarnya yang bisa kamu simak:

  • Ace: sebagai kata benda berarti sesuatu yang keren. Namun, dalam kata kerja, artinya adalah orang yang ahli.

  • Bloke: slang ini populer di Inggris dan menggambarkan sosok pria dengan kepribadian baik.

  • Chinwag: istilah untuk mendeskripsikan obrolan yang panjang dan menyenangkan.

  • Gutted: benar-benar kecewa dan sangat sedih, perasaannya kosong.

  • Dishy: digunakan untuk menggambarkan seseorang yang sangat menarik dan seksi.

  • Chuffed: bangga dengan pencapaian diri sendiri dan senang dengan sesuatu.

  • Fanum Tax: Mencuri sesuatu dari orang lain (stealing)

  • CAP: Berbohong.

  • Brainrot: Sesuatu yang tidak bermanfaat atau sederhananya "unfaedah".

  • Lookmaxxing: Perawatan wajah atau tubuh.

  • Chad: Maskulin.

  • Yapping: Mengoceh atau cerewet.

  • Fax: Sebuah fakta atau sesuatu yang benar.

  • Negatif Aura: Orang yang dipandang kurang keren atau tidak cantik/tampan.

  • OPP: Orang yang tidak disukai.

  • BETA: Lemah.

  • Zesty: Sebutan untuk laki-laki yang bertingkah laku atau berpakaian feminin.

Banyak teman baru dan acara seru jadi satu. Ayo gabung dan rasakan keseruannya! http://kum.pr/tkhealing#3

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: