terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Bersatulah Guru Kreator Konten dan Guru Besar - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bersatulah Guru Kreator Konten dan Guru Besar
Jul 28th 2024, 08:54, by Juneman Abraham, Juneman Abraham

Ilustrasi guru di sekolah inklusi. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi guru di sekolah inklusi. Foto: Shutter Stock

Guru kreator konten (GKK) dan guru besar atau profesor (GB) sama-sama guru di Indonesia. Keduanya jarang-kalau tidak pernah-bertemu. Keduanya juga menyimpan persoalan tersendiri. Namun jika keduanya saling menguatkan, dampak positifnya akan besar sekali.

GKK merupakan sebutan bagi guru di satuan pendidikan dasar hingga menengah yang aktif membuat dan menyebarkan video di media sosial. Video itu dapat berisi konten pembelajaran, konten kegiatan pribadi sang guru, sampai dengan konten endorsing produk komersial tertentu serta konten yang membahas fenomena yang sedang viral di dunia maya.

Alfian Bahri (2024) menyebut GKK telah menjadi sebuah "kasta" baru dalam dunia keguruan Indonesia, bahkan menjadi mitra Kemdikbudristek untuk mendukung branding program Merdeka Belajar.

Kelebihan GKK adalah kemampuannya membuat konten yang dinamis, komunikatif, engaging, serta memiliki follower setia-khususnya anak-anak muda-yang banyak dan terus bertambah. Tidak heran, bermunculan ruang-ruang pelatihan untuk menjadi GKK yang mengajarkan mulai dari membuat storyboard, bermain peran, hingga teknik penyuntingan video dan pemasarannya.

Kendati demikian, beberapa GKK tidak lepas dari kritik, misalnya, konten yang dihasilkan kurang edukatif, penyederhanaan berlebihan terhadap materi belajar, atau terlalu menekankan unsur ketampanan/kecantikan.

Di samping itu, ditemukan ketidakselarasan antara citra yang ditampilkan di media sosial dengan kenyataan praktik GKK dalam pendidikan sehari-hari, hingga pelanggaran privasi siswa yang "diobjekkan" dalam konten media sosialnya, serta pergeseran orientasi utama menjadi menghasilkan uang dari konten.

GB pun akhir-akhir ini banyak disorot, mulai dari persoalan etis dari cara meraih jabatan akademik tertinggi ini, minimnya gerakan sosial dan kontribusi terhadap kebijakan publik untuk mengubah situasi bangsa ke arah yang lebih baik, hingga keterlibatan dalam korupsi ilmu maupun korupsi politik.

Tentu, tidak semua GB dan GKK memiliki persoalan yang disebutkan, namun yang segelintir itu cukup meresahkan para pegiat dan pemangku kepentingan pendidikan hingga masyarakat umum.

Produksi Konten

Idealnya, konten yang dihasilkan oleh GKK adalah konten pengetahuan ilmiah dan pendidikan budi pekerti, karena inilah dua tanggung jawab utama guru terhadap peserta didiknya.

Bayangkan jika ada guru yang percaya bahwa bumi itu datar dan menyebarluaskan kepercayaan ini di akun TikTok-nya. Sikap antisains akan berkembang di kalangan siswa bahkan anak-anak muda lain yang menjadi pengikut akun tersebut. Sinyalir ini kiranya tidak berlebihan. Pada 2019, seorang Youtuber, Eno Bening, membagikan informasi adanya 18 hoaks ilmu pengetahuan yang diajarkan oleh para oknum guru di Indonesia.

Di sisi lain, ada kelompok guru lain yang berkarya di perguruan tinggi, yaitu guru besar. Salah satu tugas utamanya adalah menghasilkan pengetahuan. GB dituntut perannya untuk melakukan penelitian dasar, terapan, hingga pengembangan. Harapannya, hasil-hasil riset itu bermanfaat untuk membangun dan memperkaya literasi sampai dengan memperbaiki nasib masyarakat.

Berdasarkan regulasi Kemdikbudristek, GB saat ini diminta untuk menerbitkan tulisan-tulisan ilmiahnya untuk mempertahankan tunjangan sertifikasi dosen. Bahkan ada target jumlah publikasi bagi sejumlah perguruan tinggi yang mengejar World Class University Rank.

Berdasarkan data Science and Technology Index (SINTA Kemdikbudristek), dosen yang memiliki publikasi ilmiah di Indonesia berjumlah hampir 283 ribu dosen. Sebanyak 3%-nya merupakan GB (Professor), dan 11% merupakan Lektor Kepala (Associate Professor).

Dengan perkataan lain, terdapat 39 ribu dosen yang sangat mumpuni menghasilkan pengetahuan ilmiah dari berbagai bidang keilmuan, apabila kita mengasumsikan bahwa pengangkatan GB dan Lektor Kepala dilakukan berdasarkan kelayakan (merit system). Jumlah ini belum memperhitungkan lebih dari 650 profesor peneliti dari BRIN yang juga memproduksi pengetahuan ilmiah berdasarkan riset-risetnya.

Komunikasi Sains

Sayangnya, banyak pengetahuan ilmiah yang dihasilkan GB berhenti pada medium artikel jurnal dan prosiding konferensi ilmiah. Sebagian bahkan berbahasa penuh bahasa Inggris karena hendak mengejar reputasi seperti terindeks oleh Scopus atau Web of Science.

Padahal masyarakat Indonesia yang membayar pajak berhak atas pengetahuan ilmiah, lebih-lebih yang dihasilkan melalui dana publik, seperti hibah Kemdikbudristek dan BRIN.

Ungkapan "Prof, No One is Reading You" (Biswas & Kirchhe, dalam The Srait Times, 2015) menggambarkan situasi frustrasi kronis bahwa sebagian besar konten ilmiah yang dimiliki oleh perguruan tinggi dan badan-badan penelitian tidak terhilirkan ke masyarakat maupun pembuat kebijakan publik. Kenyataan ini menunjukkan bahwa GB belum memaksimalkan peran moral dan intelektualnya sebagai teladan agen perubahan dalam masyarakat.

Di satu sisi, GKK pandai membuat konten video yang menarik bagi generasi muda dan secara khusus – sebagai guru – menguasai pendekatan pedagogis. Namun tampaknya GKK masih membutuhkan lebih banyak asupan bahan-bahan ilmiah bermutu yang paling mutakhir. Di sisi lain, GB dan Profesor Riset memiliki hasil-hasil riset yang banyak teronggok sebagai makalah ilmiah semata.

Sudah saatnya, Kemdikbudristek membangun program maupun gerakan untuk mengkolaborasikan GKK dan GB secara sistemik agar komunikasi sains tumbuh pesat.

Kolaborasi Berdampak

Dalam Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Pangkat/Jabatan Akademik Dosen maupun Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen, Kemdikbudristek memberikan poin/angka kredit bagi kegiatan dosen menulis buku pelajaran SLTA ke bawah yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional.

Di era digital, hal itu dapat dijadikan preseden oleh Kemdikbudristek dengan membuat kebijakan yang memfasilitasi dan mengapresiasi kerja-kerja GB dan Lektor Kepala menghilirkan ilmu pengetahuan terdepan (frontiers of knowledge) yang dihasilkan kepada masyarakat pada jenjang sekolah dasar, menengah, maupun publik secara luas melalui konten media sosial. GKK menjadi kolaborator GB dalam menghasilkan konten yang positif dan efektif.

Di tengah-tengah isu uang kuliah tunggal (UKT) yang mahal, pendidikan tinggi yang belum menjadi prioritas APBN, bahkan negara yang "mulai mau melepaskan tanggung jawabnya terhadap pendidikan" (Saldi Isra dalam Uji Materi UU Sisdiknas, 23 Juli 2024), kolaborasi ini menjadi solusi tentatif agar seluruh lapisan masyarakat tetap dapat menikmati pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi maupun badan riset dan inovasi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh mereka.

Empat tahun lalu (2020) kita menerima kabar bahwa Haerul, seorang montir di Pinrang, Sulawesi Selatan yang tidak lulus SD, berhasil membuat pesawat ultralight yang terbang dengan ketinggian 20 meter, hanya dengan belajar dari Youtube. Pesawat tersebut kemudian dilirik dan dikembangkan oleh Universitas Hasanuddin.

Dengan GB dan GKK sering bertemu dan menghasilkan konten-konten edukatif-ilmiah terdepan berbahasa Indonesia, niscaya akan semakin besar dan cepat peluang Indonesia melahirkan Hareul-Haerul yang lebih banyak lagi. Terbuka lagi satu jalan menuju Indonesia Emas 2045!

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: