terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Dokter Bedah RS Al Shifa Gaza Tewas Usai Disiksa di Penjara Israel - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Dokter Bedah RS Al Shifa Gaza Tewas Usai Disiksa di Penjara Israel
May 3rd 2024, 02:49, by Ochi Amanaturrosyidah, kumparanNEWS

Warga Palestina yang duduk setelah ditangkap di desa Umm Al Ghanam, Israel. Foto: Israeli Police via Reuters
Warga Palestina yang duduk setelah ditangkap di desa Umm Al Ghanam, Israel. Foto: Israeli Police via Reuters

Adnan Al-Bursh (50), ahli bedah dan kepala ortopedi di rumah sakit terbesar di Gaza, Al Shifa, tewas usai disiksa dalam penjara Israel. Bursh ditangkap oleh tentara penjajah Israel akhir tahun lalu saat sedang bekerja di rumah sakit.

Dilansir AFP, Kelompok Advokasi Palestina menyebut Bursh tewas di Penjara Ofer yang dikelola oleh Israel di Tepi Barat bulan lalu pada 19 April 2024. Namun kabar soal tewasnya Bursh baru diketahui pada Kamis (2/5) waktu setempat.

Saat AFP mencoba mengkonfirmasi kabar tersebut, Israel menyanggah dengan mengatakan, "Kami tidak tahu ada insiden seperti itu."

Semasa hidupnya, Bursh dikenal sebagai salah satu dokter paling tersohor yang ada di Jalur Gaza. Ia secara aktif melayani pasien-pasien yang jadi korban serangan Israel hingga saat terakhir ia ditangkap.

"Tahun 2010, untuk pertama kalinya dua implan platinum berhasil dipasang di bahu dan kaki kanan saya oleh dokter Adnan Al-Bursh yang baru kembali dari Jerman. Setelah itu, kami menjalin hubungan persahabatan yang baik," tulis jurnalis foto Palestina, Hosam Salem, dalam unggahan X miliknya untuk mengenang Bursh.

"Foto dokter Adnan ini diambil saat dia sedang tertidur di tempat kerjanya di Al Shifa selama agresi pendudukan pada tahun 2022 lalu," lanjutnya menjelaskan soal foto Bursh yang tengah tertidur dengan pakaian operasi yang masih berdarah yang ia unggah.

Ditangkap Desember 2023

Jenazah warga Palestina yang tewas dalam serangan Israel tergeletak di halaman rumah sakit Al Shifa, di Kota Gaza, Minggu (12/11/2023). Foto: Ahmed El Mokhallalati/via REUTERS
Jenazah warga Palestina yang tewas dalam serangan Israel tergeletak di halaman rumah sakit Al Shifa, di Kota Gaza, Minggu (12/11/2023). Foto: Ahmed El Mokhallalati/via REUTERS

Bursh merupakan salah satu dokter dan tenaga medis yang ditangkap pada Desember 2023 lalu di RS Al Awda yang lokasinya berada di dekat kamp pengungsi Jabalia, Gaza utara.

Sebenarnya berdasarkan hukum kemanusiaan internasional, fasilitas medis harus dilindungi dalam perang. Namun militer Israel tetap menyerangnya dengan dalih "Hamas menggunakan rumah sakit di Gaza sebagai kedok operasi militer." Tudingan ini dibantah Hamas.

Bursh berada di RS Al Awda setelah RS Al Shifa tempatnya bekerja hancur menjadi puing-puing akibat diserang Israel berkali-kali. Saking hancurnya, PBB sampai menggambarkan kondisi RS terbesar di Gaza itu sebagai "cangkang kosong".

Selain Bursh, ada tahanan lainnya yang juga dikembalikan dalam kondisi tewas pada Kamis (2/5), yaitu Ismail Adbel Bari Rajab Khadir (33). Komite Urusan Tahanan Palestina dan Klub Tahanan Palestina menyebut mereka punya bukti yang menunjukkan bahwa Bursh dan Khadir tewas karena disiksa di tahanan.

"Kematian Bursh adalah bagian dari penargetan sistematis terhadap dokter dan sistem kesehatan di Gaza," tulis Komite Urusan Tahanan Palestina dan Klub Tahanan Palestina dilansir AFP, Jumat (3/5).

Dengan kematian Bursh, jumlah petugas kesehatan yang tewas sejak serangan Israel yang dimulai awal Oktober 2023 itu kini mencapai 492 orang. Sedangkan jumlah tahanan Israel yang diketahui tewas sejak 7 Oktober 2023 kini sudah mencapai 18 orang.

Sementara itu, serangan Israel di Jalur Gaza kini telah merenggut setidaknya 34.596 jiwa di Gaza. Mayoritas dari korban tewas itu adalah perempuan dan anak-anak yang tidak terlibat aktif dalam perang.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: