terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Cabang Seni yang Karyanya Hanya Dapat Dinikmati secara Visual dan Jenisnya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cabang Seni yang Karyanya Hanya Dapat Dinikmati secara Visual dan Jenisnya
May 3rd 2024, 20:04, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi suatu cabang seni yang karyanya hanya dapat dinikmati secara visual adalah seni rupa. Foto: Pexels/Jadson Thomas
Ilustrasi suatu cabang seni yang karyanya hanya dapat dinikmati secara visual adalah seni rupa. Foto: Pexels/Jadson Thomas

Seni merupakan hasil karya manusia dan menjadi salah salah satu unsur kebudayaan. Seni sendiri terbagi menjadi beberapa macam. Misalnya suatu cabang seni yang karyanya hanya dapat dinikmati secara visual adalah seni rupa.

Jadi, seni ini hanya bisa dinikmati dari keindahan dengan memanfaatkan indra penglihatan berupa mata. Di sisi lain, seni ini memiliki beberapa jenis yang memiliki karakteristiknya sendiri.

Cabang Seni yang Karyanya Hanya Dapat Dinikmati secara Visual

Ilustrasi suatu cabang seni yang karyanya hanya dapat dinikmati secara visual adalah seni rupa. Foto: Unsplash/Jade Stephens
Ilustrasi suatu cabang seni yang karyanya hanya dapat dinikmati secara visual adalah seni rupa. Foto: Unsplash/Jade Stephens

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu, dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya. Selain itu, seni diartikan sebagai karya yang diciptakan dengan keahlian luar biasa, seperti tari, lukisan, ukiran.

Sedangkan dikutip dari buku Mata Pelajaran Muatan Lokal Pendidikan Budaya Sarolangun dan Anti Narkoba (PBSAN) untuk SMP Kelas VIII oleh Dr. Subaryanta, M.Pd., dkk. (2023) kata seni berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti pemujaan, pelayanan, persembahan, dan pelayanan yang dikaitkan dengan sebuah upacara keagamaan yang dikaitkan dengan kesenian.

Jadi, dapat diartikan seni adalah karya yang diciptakan manusia yang didalamnya mengandung unsur keindahan, sehingga karya tersebut dapat membangkitkan perasaan lain yang timbul dalam diri manusia.

Sedangkan suatu cabang seni yang karyanya hanya dapat dinikmati secara visual adalah seni rupa merupakan hasil ekspresi manusia yang disalurkan dalam suatu karya dengan media yang dapat ditangkap panca indra.

Berdasarkan wujudnya, seni rupa terbagi menjadi dua, yaitu seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi.

  • Seni rupa dua dimensi adalah seni rupa yang terdiri atas dua dimensi berupa panjang dan lebar.

  • Seni rupa tiga dimensi merupakan seni rupa yang terdiri atas tiga dimensi berupa panjang, lebar, dan ruang.

Jenis-Jenis Seni Rupa

Ilustrasi suatu cabang seni yang karyanya hanya dapat dinikmati secara visual adalah. Foto: Unsplash/Tetiana SHYSHKINA
Ilustrasi suatu cabang seni yang karyanya hanya dapat dinikmati secara visual adalah. Foto: Unsplash/Tetiana SHYSHKINA

Seni rupa sendiri terbagi menjadi beberapa jenis dengan karakteristiknya tersendiri. Berikut penjelasannya.

1. Lukisan

Lukisan adalah bentuk seni rupa dengan menciptakan gambar menggunakan berbagai media seperti cat minyak, cat air, atau akrilik pada permukaan seperti kanvas atau kertas.

Lukisan sendiri memiliki karakteristik berupa menggambarkan objek atau konsep tertentu dalam gaya visual yang unik.

2. Patung

Patung adalah seni rupa tiga dimensi yang menciptakan bentuk fisik dari berbagai bahan seperti batu, logam, kayu, atau tanah liat.

Patung juga memiliki dimensi tiga atau bisa dilihat dari berbagai sudut.

3. Fotografi

Fotografi adalah seni dengan menciptakan gambar menggunakan kamera untuk merekam momen atau subjek tertentu.

Karakteristik dari fotografi yaitu dapat merekam realitas visual dengan tingkat presisi yang tinggi.

4. Seni Kriya

Seni kriya merupakan karya seni yang melibatkan pembuatan objek fungsional atau dekoratif seperti kerajinan tangan, perhiasan, tekstil, atau keramik.

Seni kriya sendiri memiliki karakteristik berupa menggabungkan unsur-unsur praktis dan estetis.

5. Seni Grafis

Seni grafis adalah menciptakan gambar atau ilustrasi dengan menggunakan media seperti pensil, tinta, atau komputer.

Seni grafis sendiri memiliki karakteristik yang sering digunakan dalam ilustrasi, desain grafis, dan seni cetak.

Baca Juga: Istilah Cabang Seni yang Merupakan Bentuk Pengembangan Teknik Menggambar

Kesimpulannya, suatu cabang seni yang karyanya hanya dapat dinikmati secara visual adalah seni rupa dan jenisnya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan tentang karya seni hasil kreativitas manusia.(MZM)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: