terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Harga Komoditas Kompak Naik, Kecuali Minyak Mentah Anjlok 2 Persen - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Harga Komoditas Kompak Naik, Kecuali Minyak Mentah Anjlok 2 Persen
Sep 26th 2024, 08:08, by Nicha Muslimawati, kumparanBISNIS

Ilustrasi kilang minyak di tengah laut. Foto: Shutterstock
Ilustrasi kilang minyak di tengah laut. Foto: Shutterstock

Harga minyak mentah anjlok lebih dari 2 persen pada Rabu (25/9) karena kekhawatiran mengenai gangguan pasokan di Libya mereda, dan kekhawatiran permintaan berlanjut meskipun ada rencana stimulus terbaru di China.

Dikutip dari Reuters, harga minyak mentah Brent turun 2,27 persen menjadi USD 73,46 per barel. Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 2,61 persen menjadi USD 69,69 per barel.

Faksi-faksi di Libya menandatangani perjanjian tentang proses penunjukan gubernur bank sentral, langkah awal untuk menyelesaikan perselisihan atas kendali bank sentral dan pendapatan minyak yang telah memangkas produksi dan ekspor minyak Libya.

Menurunnya persediaan minyak mentah di Amerika Serikat (AS) dan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah memberikan sejumlah dukungan kepada harga minyak mentah.

Batu Bara

Sedangkan harga batu bara menguat pada penutupan perdagangan Rabu. Harga batu bara berdasarkan situs tradingeconmics naik 0,18 persen dan menetap di USD 139.75 per ton.

Harga batu bara Newcastle kembali naik, sebab di China harga batu bara didukung oleh berkurangnya produksi akibat hujan lebat, peningkatan inspeksi keselamatan di tambang, permintaan konsumen yang lebih tinggi menjelang hari libur nasional dari tanggal 1-7 Oktober, dan pekerjaan pemeliharaan di beberapa jalur kereta api di provinsi Shanxi yang digunakan untuk transportasi batu bara.

Sementara itu, di Rusia, investasi oleh perusahaan batu bara turun sebesar 4,4 persen pada paruh pertama tahun 2024, yang selanjutnya mengurangi produksi batu bara. Di sisi lain, meningkatnya pangsa energi terbarukan di Eropa, dengan bauran energi terbarukan Jerman meningkat menjadi 70 persen dari 61 persen pada minggu sebelumnya, terus memberikan tekanan pada harga batu bara.

CPO

Harga minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) juga naik pada penutupan perdagangan Rabu. Berdasarkan situs tradingeconomics, harga CPO naik 1,38 persen menjadi MYR 4.044 per ton.

Harga CPO naik di tengah menguatnya harga minyak pesaing di pasar Dalian dan CBoT. Ekspektasi kondisi pasar yang bullish pada kuartal IV 2024 memperkuat sentimen, karena perlambatan musiman dan kekurangan tenaga kerja di Malaysia berpotensi mengurangi produksi minyak sawit. Sementara itu, proyeksi permintaan yang kuat dari Uni Eropa karena penerapan aturan deforestasinya semakin dekat.

Sejumlah truk pengangkut Tanda Buah Segar (TBS) kelapa sawit mengantre untuk pembongkaran di salah satu pabrik minyak kelapa sawit milik PT.Karya Tanah Subur (KTS) Desa Padang Sikabu, Kaway XVI, Aceh Barat, Aceh, Selasa (17/5/2022). Foto: Syifa Yulinnas/ANTARA FOTO
Sejumlah truk pengangkut Tanda Buah Segar (TBS) kelapa sawit mengantre untuk pembongkaran di salah satu pabrik minyak kelapa sawit milik PT.Karya Tanah Subur (KTS) Desa Padang Sikabu, Kaway XVI, Aceh Barat, Aceh, Selasa (17/5/2022). Foto: Syifa Yulinnas/ANTARA FOTO

Sementara itu, dukungan agresif di konsumen utama China, di mana para pembuat kebijakan memberikan inisiatif memulihkan ekonomi. Namun, penguatan ringgit dan penurunan harga minyak mentah membatasi kenaikan. Di India, penyuling membatalkan pembelian 100.000 metrik ton minyak sawit untuk pengiriman Oktober hingga Desember, setelah New Delhi menaikkan bea masuk menjadi 27,5 persen pada pertengahan September.

Nikel

Adapun harga nikel terpantau mengalami kenaikan pada penutupan perdagangan Rabu. Harga nikel berdasarkan situs tradingeconomics naik 0,65 persen menjadi USD 16.818 per ton.

Harga nikel berjangka menguat kembali setelah sempat mencapai titik terendah di tengah pasokan yang melimpah. Indonesia, yang kini memproduksi lebih dari setengah nikel dunia, telah meningkatkan produksi secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, yang menyebabkan harga turun dan memaksa penutupan produsen di tempat lain.

Selain itu, kapasitas tambahan sebesar 928.000 ton diharapkan akan beroperasi dalam tiga tahun ke depan, terutama untuk baterai kendaraan listrik (EV). Pemerintah Indonesia mengantisipasi harga nikel akan stabil mendekati level saat ini karena pabrik-pabrik baru menyeimbangkan permintaan yang meningkat dengan pasokan yang kuat.

Timah

Sementara itu, harga timah terakhir terpantau mengalami kenaikan pada penutupan perdagangan Selasa (24/9). Berdasarkan situs tradingeconomics, harga timah menguat 1,22 persen menjadi USD 32.689 per ton.

Harga timah naik mengikuti reli logam dasar utama karena ekspektasi traksi dalam permintaan China memperbesar dampak dari pasokan yang tidak pasti. Dukungan moneter paling agresif dilakukan China karena serangkaian data ekonomi yang lemah dari Agustus menggarisbawahi perlunya lebih banyak stimulus jika ingin mencapai pertumbuhan 5 persen pada tahun 2024, mendukung prospek sektor manufaktur terbesar di dunia.

Di sisi pasokan, aktivitas yang lebih rendah dari yang diharapkan di tambang timah utama di Negara Bagian Wa Myanmar membuat ketersediaan bijih untuk peleburan China pada tingkat yang rendah.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: