terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Jelang Muktamar, PKB Gelar Wayang Pandawa Boyong di DPR, Apa Maknanya? - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jelang Muktamar, PKB Gelar Wayang Pandawa Boyong di DPR, Apa Maknanya?
Aug 19th 2024, 09:13, by Reza Aditya Ramadhan, kumparanNEWS

Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsul Rizal (tengah) di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Minggu (18/2/2024). Foto: Haya Syahira/kumparan
Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsul Rizal (tengah) di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Minggu (18/2/2024). Foto: Haya Syahira/kumparan

Jelang Muktamar di Bali, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar pentas wayang lakon Pandawa Boyong di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/8).

Lakon wayang semalam suntuk ini akan dibawakan oleh kakak beradik dalang Ki Anom Dwijokangko dan Ki Cahyo Kuntadi.

Pemilihan lakon Pandawa Boyong sengaja dipilih karena menurut Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal, saat ini banyak Kurawa di dalam dunia kehidupan nyata yang melakukan segala cara untuk mengambil yang bukan haknya.

"Amarah, kecewa, sedih, menjadi satu kesatuan. Mereka mau menguasai sesuatu yang bukan menjadi haknya," kata Cucun dalam keterangan tertulis, Senin (19/8).

Adapun lakon Pandawa Boyong berlatar setelah perang Baratayudha, perang dahsyat antara Pandawa dan musuh bebuyutannya, Kurawa.

Usai kekalahan Kurawa, kakak beradik Pandawa dan seluruh anggota keluarganya diboyong atau pindah dari negara Wirata ke negara Astinapura.

Saudara tertua Pandawa, Yudhistira, pun kemudian dinobatkan sebagai raja di negara Astinapura.

Tentu penobatan ini sempat menuai protes dan berujung pemberontakan. Walaupun pada akhirnya pembelot ini dikalahkan oleh adik-adik Yudhistira, Bima dan Arjuna.

Lebih lanjut mengenai pagelaran wayang ini, Cucun melihat bahwa Pandawa adalah representasi wong cilik dalam kehidupan kini.

"Di dalam wayang ini kita diajarkan suatu nilai-nilai kehidupan, suatu pertarungan antara yang baik dan yang buruk, antara satria Pandawa sebagai representasi dari wong cilik tetapi bijaksana berhadapan dengan Kurawa," katanya.

Lakon ini katanya juga menanamkan norma-norma dalam memimpin. Sosok Pandawa. sosok yang mendidik, mengayomi, membimbing, dan penyayang.

"Tak boleh ada dendam yang ditanamkan, kadang-kadang seperti itu, muncul suatu spiritnya. Muncul ego, ego membela suaminya, ego membela adiknya, itu juga ada di dalam cerita pewayangan tentang kisah ini," ujar dia.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: