terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Anak Suka Berdandan dan Pilih Baju Sendiri, Ternyata Baik untuk Perkembangannya! - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Anak Suka Berdandan dan Pilih Baju Sendiri, Ternyata Baik untuk Perkembangannya!
Aug 24th 2024, 12:30, by Nabilla Fatiara, kumparanMOM

Ilustrasi padu padan baju anak Foto: Thinkstock
Ilustrasi padu padan baju anak Foto: Thinkstock

Anak sedang suka berdandan dan berpakaian layaknya dokter, polisi, atau bahkan pangeran-putri kerajaan? Lucu ya melihat si kecil 'berkamuflase' jadi tokoh-tokoh tertentu. Apalagi, ternyata, aktivitas semacam ini punya banyak manfaat bagi perkembangan anak, lho!

Healthline melansir, bermain dandan-dandanan dan mix and match pakaian sendiri merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Dan juga, memiliki manfaat bagi perkembangan sosial dan emosionalnya, lho!

"Berdandan adalah cara ideal bagi anak kecil untuk melatih berbagai keterampilan perkembangan anak usia dini, misalnya literasi, keterampilan hidup, dan kreativitas," tutur seorang profesor perguruan tinggi dan guru sekolah, Dr. Karen Aronian.

Ya Moms, bermain dress-up memungkinkan anak belajar dan berinteraksi dengan berbagai instrumen di dalam kehidupannya. Dan ini pun akan membantu anak mengelola rasa bosan dan stres, hingga belajar membangun hubungan positif dengan lingkungan sekitarnya.

Dan ini merupakan salah satu bentuk permainan imajinatif, yang memungkinkan ia dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan mengatur dirinya sendiri. Anak-anak dapat belajar menciptakan situasi tertentu lewat cara berpakaian dan dandanannya, serta memerankan interaksi sosial dan menguji berbagai ide-ide kreatif yang ada di pikirannya.

Selain itu, ketika ia bermain bersama teman-temannya, maka memungkinkan mereka mengasah keterampilan komunikasi. Ini pun dapat membantu anak-anak melatih perkembangan bahasan dan sosial mereka. Baik itu ketika bermain dengan teman-teman sebaya atau orang tua, ia akan belajar bagaimana suatu masalah dapat diselesaikan lewat kerja sama tim dan saling berbagi.

Ilustrasi menyetrika baju anak. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi menyetrika baju anak. Foto: Shutter Stock

Enggak sampai di situ. Perhatikan deh, ketika anak berusaha mengancingkan atau menutup resleting pakaiannya sendiri, lalu melepaskan busana yang digunakan, sebenarnya ia sedang mengembangkan keterampilan motorik halus.

"Anak-anak lagi mengembangkan imajinasi mereka melalui berbagai identitas (profesi) dengan cara berdandan. Sekaligus mereka melatih keterampilan motorik halus dan kasar mereka," kata Aronian.

Lebih lanjut, bila aktivitas ini dirutinkan dengan berbagai variasi gerakan fisik, emosional, kognitif, hingga sensorik, maka ia akan semakin mandiri melakukan rutinitas tersebut.

Bagaimana Mendorong Anak Bermain Dandanan dan Pilih Baju Sendiri?

Enggak perlu yang mewah, berdandan yang terbaik bisa dengan memanfaatkan benda-benda di rumah dan imajinasi anak, lho! Misalnya, Anda punya syal atau kain panjang di rumah, itu bisa dimanfaatkan sebagai jubah atau kostum-kostum unik. Jaket yang dimiliki si kecil pun bisa dijadikan jas dokter atau perlengkapan pemadam kebakaran.

"Anda harus memastikan segala sesuatu dilakukan secara sederhana dan mudah diakses. Semakin sedikit pilihan akan memungkinkan permainan dilakukan lebih maksimal, yang memungkinkan anak menggunakannya tanpa batas sehingga menghasilkan kreativitas yang lebih besar," tutur doktor dalam bidang pengembangan manusia dan studi keluarga, Dr. Laura Froyen.

Dan jangan lupa, bila memungkinkan ikutlah bermain peran bersama si kecil, Moms. Anda bisa ikut mengajarkan anak bagaimana menciptakan sebuah permainan lewat berdandan dan berpakaian, sehingga membangun kepercayaan dan mengekspresikan diri hingga punya waktu bersenang-senang bersama!

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: