terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Bedanya Bore Up dan Stroke Up Mesin Motor, Pilih Tenaga atau Torsi Besar? - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bedanya Bore Up dan Stroke Up Mesin Motor, Pilih Tenaga atau Torsi Besar?
Aug 24th 2024, 07:00, by Fitra Andrianto, kumparanOTO

Ilustrasi bore up mesin motor. Foto: Dok. Bangkit Jaya Putra
Ilustrasi bore up mesin motor. Foto: Dok. Bangkit Jaya Putra

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendongkrak performa mesin motor, yakni bisa di-upgrade dengan cara di bore up atau di stroke up.

Cara tersebut bisa menambah kubikasi mesin menjadi lebih besar dibandingkan standar bawaan pabrik. Tapi keduanya memiliki karakteristik yang berbeda meski secara teknis memperbesar kapasitas silinder atau kubikasi.

Penggawa Meydi Speed Ekhsan Saputra menjelaskan, bore up sederhananya meningkatkan tenaga untuk bisa mengejar top speed lebih tinggi, dengan mengganti piston yang lebih besar diameternya. Sebab volume isi silinder lebih bertambah dengan langkah piston yang tetap.

Sedangkan stroke up untuk meningkatkan torsi dengan memperpanjang silinder atau langkah piston.

Rinciannya, kalau bore up kata pria yang karib disapa Meydi yang dilakukan adalah melakukan porting polish atau membubut dinding silinder, membuka squeeze, menaikkan ukuran piston dan memperbesar ukuran silindernya.

Suasana bengkel Meydi Speed di kawasan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Suasana bengkel Meydi Speed di kawasan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Foto: Fitra Andrianto/kumparan

"Sama untuk kompresi nanti di-i juga, mau pakai bahan bakar apa. Dan lebih utamanya kalau di matik ECU-nya harus diganti semisal nggak bisa di remap," katanya.

"Jadi harus ganti pakai ECU dan injektor racing, tujuannya untuk membaca supply udara, bensin, dan itu bakal otomatis kalau udah bore up diatur oleh ECU," pungkasnya.

Sedangkan stroke up, yang diganti adalah bagian kruk as-nya. Meydi bilang saat ini banyak produk aftermarket yang menyediakan kruk as racing sehingga bisa langsung dipasang.

Biaya bore up dan stroke up

Soal biaya, ambil contoh untuk motor Yamaha NMax biaya biaya bore up saja tanpa ganti ECU biayanya kata Meydi sekitar Rp 3 juta.

"Itu di-bore up jadi ukuran 63 paling seperti yang lazim-lazim buat bore up harian. Nah kalau biaya stroke up misal pakai yang aftermarket biayanya hampir Rp 7 jutaan.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: