terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

5 Manfaat Ceramide dalam Skincare, Cegah Jerawat hingga Penuaan - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
5 Manfaat Ceramide dalam Skincare, Cegah Jerawat hingga Penuaan
Aug 18th 2024, 09:00, by Adelia Sufri, kumparanWOMAN

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan skincare ceramide. Foto: Beauty Agent Studio/Shutterstock
Ilustrasi perempuan mengaplikasikan skincare ceramide. Foto: Beauty Agent Studio/Shutterstock

Beberapa tahun belakangan, mulai marak produk skin care yang menggunakan ceramide sebagai salah satu bahan utamanya. Ini karena manfaat ceramide dalam skincare memang tidak main-main, terutama dalam merawat lapisan pelindung kulit (skin barrier).

Tapi tahukah kamu kalau ternyata kulit manusia sudah punya ceramide? Ya, jadi ceramide itu adalah lemak atau lipid yang membentuk 30-40 persen lapisan kulit terluar (epidermis) manusia.

Menurut WebMD, fungsi utama ceramide untuk menjaga kelembapan kulit. Sayangnya, produksi lemak ini akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Jadi, jangan heran melihat kulit orang tua yang cenderung kering atau tampak dehidrasi.

Namun, tak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak pelembap, toner, bahkan serum yang mengandung ceramide. Kamu bisa menggunakannya untuk mencegah masalah pada epidermis.

Manfaat Ceramide dalam Skincare

Ilustrasi memakai skincare ceramide. Foto: Shutterstock
Ilustrasi memakai skincare ceramide. Foto: Shutterstock

Ceramide yang digunakan dalam produk skincare disebut ceramide sintetis. Menurut Medical News Today, kandungan ini memiliki peran yang besar dalam menjaga kesehatan kulit. Berikut ini sejumlah manfaatnya yang mesti kamu catat, Ladies.

1. Menjaga Skin Barrier

Proses penuaan dan penggunaan produk eksfoliasi secara berlebihan dapat menyebabkan ceramide pada kulit berkurang. Ketika kadarnya semakin sedikit, skin barrier menjadi terganggu dan muncul tanda-tanda kulit kering.

Rusaknya skin barrier juga dapat menyebabkan infeksi dan peradangan kulit. Jadi, ceramide yang hilang harus dikembalikan lagi dengan skincare yang mengandung bahan tersebut.

2. Meningkatkan Hidrasi Kulit

Ceramide dapat mengunci kelembapan dan meningkatkan hidrasi. Ini sangat penting sebab saat kulit dehidrasi, teksturnya jadi kasar dan pecah-pecah. Kulit kering juga rentan terkena peradangan seperti psoriasis, jerawat, dan eksim.

Dengan memakai skincare yang mengandung ceramide, hidrasi kulit akan meningkat. Hasilnya, skin barrier jadi lebih sehat dan kulit semakin halus serta lembut.

3. Meremajakan Kulit

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan moisturizer ceramide. Foto: Kmpzzz/Shutterstock
Ilustrasi perempuan mengaplikasikan moisturizer ceramide. Foto: Kmpzzz/Shutterstock

Seiring bertambahnya usia, kulit akan berubah karena kehilangan protein struktural, seperti kolagen, elastin, dan keratin. Hal ini menyebabkan kulit menjadi lebih tipis dan muncul tanda-tanda penuaan seperti kerutan serta garis halus.

Nah, ceramide yang memiliki sifat menghidrasi dapat membantu meminimalkan munculnya garis halus dan kerutan itu. Pelembap dengan kandungan ceramide juga dapat merangsang produksi keratinosit yang menghasilkan keratin, sehingga kulit tampak lebih muda.

4. Melindungi dari Sinar UV

Sinar UV memiliki pengaruh 90% atas perubahan yang terjadi pada kulit manusia. Perubahan ini meliputi munculnya kerutan, garis halus, dan hiperpigmentasi.

Sebuah studi tahun 2021 yang berjudul Efficacy of Ceramide-Containing Formulations on UV-Induced Skin Surface Barrier Alterations karya Xi Yan MD PhD dkk menemukan bahwa penggunaan pelembap dan sunscreen yang mengandung ceramide dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Selain itu, skincare dengan kandungan ceramide juga membantu menjaga pergantian sel normal, dan mengatasi kemerahan serta hiperpigmentasi.

5. Mencegah Jerawat

Pelembap yang mengandung ceramide sangat potensial untuk menjadi solusi masalah jerawat. Ini karena sifatnya yang menghidrasi sehingga mampu melawan iritasi yang seringkali muncul dari skincare khusus jerawat.

Hal ini diungkapkan seorang dermatolog asal New York, Kenneth Mark, MD, dalam laman Everyday Health, "Karena seseorang dengan kulit yang rentan berjerawat biasanya menghasilkan banyak minyak, mereka mungkin menggunakan produk yang menyebabkan kulit kering, dan ceramide akan membantu melawan iritasi pada produk yang membuat (kulit) kering itu."

Baca Juga: 5 Kesalahan saat Membersihkan Kulit Berjerawat

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: