terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Jadi Desa Energi Berdikari, Dusun di Pulau Komodo Manfaatkan PLTS untuk Irigasi - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jadi Desa Energi Berdikari, Dusun di Pulau Komodo Manfaatkan PLTS untuk Irigasi
Aug 18th 2024, 09:45, by Ema Fitriyani, kumparanBISNIS

Warga Dusun Compang, Desa Golo Mori, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. memanfaatkan PLTS untuk pompa air pertanian. Foto: PIS
Warga Dusun Compang, Desa Golo Mori, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. memanfaatkan PLTS untuk pompa air pertanian. Foto: PIS

Wilayah Indonesia Timur memiliki sumber matahari yang lebih banyak. Salah satunya di Dusun Compang, Desa Golo Mori, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Dengan matahari yang cukup sepanjang tahun, mereka memanfaatkannya untuk menghidupkan pompa air bertenaga surya. Pemanfaatan pompa air bertenaga surya ini digunakan untuk perairan pertanian di 4 Demplot dengan total kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpasang sebesar 1.580 Wp dengan penerima manfaat sebanyak 100 Kepala Keluarga (KK).

Tua Golo (ketua adat) Dusun Compang Muhammad Tayeb mengatakan pemanfaatan pompa air untuk bantu sistem irigasi pertanian di kampung mereka dibantu PT Pertamina International Shipping (PIS) bekerja sama dengan Komodo Water, sebuah organisasi nirlaba.

"Kami atas nama warga Dusun Compang sangat berterima kasih atas bantuan ini, harapannya dengan adanya pompa air bertenaga surya ini dapat meningkatkan hasil pertanian yang di dominasi oleh sayur mayur untuk dimanfaatkan oleh warga kami mengingat kendala kami di sini sebagian besar terkait air bersih," kata Tayeb dalam keterangan resmi, Minggu (18/8).

Area demplot di Dusun Compang, Desa Golo Mori, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Foto: PIS
Area demplot di Dusun Compang, Desa Golo Mori, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Foto: PIS

Di Demplot ini diberikan suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan pengaruh intervensi teknologi terhadap tanaman.

Penyerahan bantuan ini dilakukan simbolis oleh Direktur Perencanaan Bisnis PIS Eka Suhendra yang disaksikan oleh warga Dusun Compang.

"Kami hadir di sini untuk memberikan bantuan yang memang sangat dibutuhkan oleh warga Dusun Compang, semoga dengan adanya pemanfaatan pompa air bertenaga surya untuk demplot pertanian ini dapat meningkatkan produksi sayur mayur dusun ini dan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi warga," ungkap Eka.

Dengan pemanfaatan PLTS ini, Dusun Compang masuk dalam salah satu Desa Energi Berdikari. Program ini merupakan bagian dari program besar BerSEAnergi untuk Laut oleh PIS, khususnya yang menyasar pada kesejahteraan masyarakat pesisir. Program ini juga selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDGs) poin 3 (kehidupan sehat dan sejahtera), poin 6 (air bersih dan sanitasi layak) dan poin 7 (energi bersih dan terjangkau).

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: