terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Ini Biang Kerok Bau Ketiak, Apakah Mandi Cukup buat Menghilangkan? - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Ini Biang Kerok Bau Ketiak, Apakah Mandi Cukup buat Menghilangkan?
Aug 23rd 2024, 10:40, by Habib Allbi Ferdian, kumparanSAINS

Ilustrasi bau badan Foto: Shutterstock
Ilustrasi bau badan Foto: Shutterstock

Bau ketiak yang sangat menyengat dapat membuat orang di sekitar menjadi tidak nyaman. Mengapa ketiak kita bisa mengeluarkan aroma yang tidak sedap?

Jika kamu menjawab keringat, ini belum sepenuhnya tepat. Bau ketiak yang muncul sebenarnya berasal dari keringat yang bercampur dengan bakteri di kulit.

Tubuh manusia punya kelenjar keringat utama, atau bisa disebut ekrin, yang menutupi sebagian besar tubuh kita. Kelenjar ini mengeluarkan sebagian besar air yang tidak berbau dan menguap untuk mendinginkan tubuh.

Kemudian, ada juga kelenjar keringat jenis kedua yang disebut apokrin, berada di sekitar area yang banyak terdapat folikel rambut, seperti ketiak dan selangkangan. Ia mengeluarkan senyawa berminyak, dan menjadi lebih aktif sebagai respons terhadap stres, ketakutan, kecemasan, rasa sakit, dan rangsangan seksual.

"Awalnya tidak berbau, sekresi berminyak ini menyediakan makanan yang baik bagi bakteri yang hidup di kulit kita," tulis Kristen Moro, Associate Professor Science and Medicine di Bond University, di The Conversation. "Bakteri mengubah keringat ini menjadi asam lemak dan senyawa yang menghasilkan aroma, mengeluarkan bau yang tercium seperti bawang, jintan, dan daging busuk."

Sekresi kelenjar keringat kita tidak berbau. Jadi semakin lama bakteri di kulit kita memproses minyak, semakin banyak senyawa beraroma yang dapat mereka hasilkan.- Kristen Moro, Associate Professor Science and Medicine di Bond University -
Ilustrasi ketiak. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi ketiak. Foto: Shutter Stock

Faktor Penyebab Ketiak Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Ketiak tidak memiliki aroma yang khas, karena baunya bisa berbeda pada setiap orang. Ia dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya makanan.

Ketika tubuh mencerna makanan, senyawa kimia mencapai kelenjar apokrin dan kemudian disekresikan sebagai bau badan. Makanan yang dapat memengaruhi bau ketiak di antaranya makanan yang mengandung sulfur, seperti daging merah atau bawang, rempah-rempah, hingga alkohol macam bir dan wine.

Keringat yang berlebih juga bisa jadi biang kerok ketiak mengeluarkan bau gak sedap. Kondisi ini disebut hiperhidrosis, penyebabnya karena kecemasan, infeksi, kanker, stroke, tiroid, hingga menopause.

"Jika Anda banyak berkeringat, kelembapan yang disebabkan oleh keringat berlebih mendorong pertumbuhan bakteri," kata Brian Toy, dokter kulit di Providence Mission Hospital, dikutip dari Business Insider.

Ilustrasi bau badan.  Foto: Shutterstock
Ilustrasi bau badan. Foto: Shutterstock

Kelenjar keringat apokrin umumnya belum aktif hingga masa pubertas, itu sebabnya bau badan tidak terlalu menjadi masalah saat kita masih muda. Ketika sudah memasuki masa pubertas, kelenjar itu menjadi aktif, menyebabkan peningkatan aroma yang dialami banyak orang yang beranjak dewasa.

Bau ketiak juga semakin menguat seiring produksi hormon di dalam tubuh. Perubahan hormonal bisa disebabkan oleh siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause.

"Contoh, selama siklus menstruasi, bau yang paling 'menarik' muncul sekitar waktu ovulasi ketika wanita sedang masa subur. Namun, fungsi seksual bau badan tampaknya tidak memainkan peran besar pada manusia," tambah Moro.

Bagaimana Menghilangkan Bau Ketiak?

Cara terbaik mengatasi bau ketiak cukup dengan menjaga kebersihan, salah satunya mandi setiap hari. Cuci ketiak dengan sabun antibakteri dapat mengurangi bakteri pada kulit yang beraksi dengan keringat yang menyebabkan bau.

Ilustrasi mandi. Foto: Shutterstock
Ilustrasi mandi. Foto: Shutterstock

Antiperspiran juga bisa mengurangi jumlah keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar. Hal ini biasanya disebabkan oleh bahan-bahan seperti aluminium, yang membentuk penyumbatan sementara pada kelenjar.

Kemudian, gunakan deodoran untuk menutupi bau dengan aroma yang lebih kuat dan menyenangkan. Beberapa produk deodoran mengandung alkohol atau bahan yang dapat membuat kulit sedikit asam, membuat area ketiak kurang cocok untuk bakteri.

Pilih dan kenakan pakaian yang dapat atau mudah menyerap keringat. Pakaian yang bersih memungkinkan sirkulasi udara yang baik dapat membantu kamu tetap segar lebih lama di siang hari.

Terakhir, jaga pola makan. Jika sudah mengetahui makanan tertentu dapat membuat ketiak mengeluarkan bau tidak sedap, sebaiknya mulai kurangi atau hindari makanan tersebut.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: