terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Cegah Fatalitas Kecelakaan, KNKT dan BRIN Kembangkan Perisai Kolong Truk - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cegah Fatalitas Kecelakaan, KNKT dan BRIN Kembangkan Perisai Kolong Truk
Aug 25th 2024, 06:00, by Fitra Andrianto, kumparanOTO

Ilustrasi perisai kolong truk. Foto: Bykfa/Shutterstock
Ilustrasi perisai kolong truk. Foto: Bykfa/Shutterstock

Kecelakaan yang melibatkan mobil dan truk belakangan kerap terjadi. Mobil yang menabrak bagian belakang truk rata-rata kondisinya rusak parah karena masih banyak truk yang belum memasang Rear Underrun Protection (RUP) alias perisai kolong.

Kepala Sub Komite Moda Investigasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan menjelaskan, truk yang tidak memasang perisai kolong tingkat fatalitasnya sangat tinggi.

Itu karena mobil yang menabrak dari belakang langsung masuk ke kolong dan fitur keselamatannya tidak berfungsi di kondisi tersebut.

Maka dari itu diperlukan adanya penindakan dari kepolisian untuk menjaring kendaraan angkutan barang besar yang belum memasang perisai kolong.

Di sisi lain, KNKT dan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) tengah mendesain perisai kolong yang bisa diaplikasikan di truk-truk besar.

Ilustrasi perisai kolong truk. Foto: FOTOGRIN/Shutterstock
Ilustrasi perisai kolong truk. Foto: FOTOGRIN/Shutterstock

"Kalau polisi kan mungkin dalam rangka penegakan hukumnya. Kalau engineering-nya dan edukasinya ranahnya ke Kemenhub, dan KNKT dan yang lain-lain. Seperti, ini kan KNKT dengan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) lagi membuat kerja sama mendesain RUP yang harganya murah tapi efektif. Nah nanti kalau ini sudah berhasil, akan kita masifkan," jelas Wildan saat dihubungi kumparan beberapa waktu lalu.

Wildan mengungkap kalau saat ini desain perisai kolongnya sudah jadi dan akan dilakukan uji tabrak.

"Ini kita lagi kerja sama dengan Pertamina juga. Jadi nanti akan membiayai uji tabrakan segala macam itu Pertamina nanti," katanya.

Dalam hal ini, KNKT dan BRIN akan membuat standar teknis hingga detail dari perisai kolong yang cocok untuk diaplikasikan.

"Soal RUP itu kan sebenernya sudah mandatori di Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 74 ya, harus wajib. Ini mau kita dorong agar itu menjadi bagian pengawasannya di Uji KIR, nah ini sampai sekarang kan masih belum berjalan efektif," lanjutnya.

"Nanti kalau nggak ada RUP-nya, nggak diloloskan (Uji KIR). Enggak ditahan truknya, cuma enggak diloloskan Uji KIR, dianggap tidak laik jalan," tegasnya.

Saat ini KNKT, BRIN, dan Pertamina sedang menyiapkan beberapa hal untuk riset dan penerapan perisai kolong di truk milik Pertamina.

"Nanti kalau sudah ada perjanjian MOU, sudah jadi, baru kita akan segera diimplementasikan. Kalau hasilnya sudah, kita laporkan ke Menteri Perhubungan seperti itu," pungkasnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: