terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Singapura-Belanda Tebar Diskon Tiket KRL, Kenapa RI Mau Bedakan Tarif Pakai NIK? - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Singapura-Belanda Tebar Diskon Tiket KRL, Kenapa RI Mau Bedakan Tarif Pakai NIK?
Aug 31st 2024, 08:06, by Nicha Muslimawati, kumparanBISNIS

Sejumlah penumpang berdesakan di dalam gerbong kereta rel listrik (KRL) Commuterline Jabodetabek di Stasiun KA Depok Baru, Depok, Jawa Barat, Senin (24/4/2023).  Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO
Sejumlah penumpang berdesakan di dalam gerbong kereta rel listrik (KRL) Commuterline Jabodetabek di Stasiun KA Depok Baru, Depok, Jawa Barat, Senin (24/4/2023). Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO

Wacana perubahan mekanisme subsidi Public Service Obligation (PSO) operasional KRL Jabodetabek kembali mencuat. Pemerintah mencanangkan skema tiket subsidi KRL Jabodetabek diubah menjadi berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada 2025.

Wacana ini tertuang dalam Buku Nota Keuangan Rancangan Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2025. Di saat pemerintah Indonesia berencana membedakan tiket KRL Jabodetabek berdasarkan NIK, di sejumlah negara justru menyeragamkan harga tiket kereta untuk beberapa penumpang.

Sejumlah negara di Eropa memberikan tiket gratis kepada pelajar. Kebijakan ini diberlakukan karena untuk mendorong lingkungan hijau di negara mereka.

Mengutip dari Netherlandsrail, Jumat (30/8), di Belanda, usia berapa pun asal masih berstatus pelajar/mahasiswa, akan bebas naik kereta. Sebab, Kemenhub Belanda telah bekerja sama dengan sejumlah sekolah dan universitas di sana untuk mendorong penggunaan transportasi umum.

Bahkan, beberapa BUMN dan perusahaan swasta Belanda juga telah bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan di negara tersebut. Karyawan yang naik kereta di jam kerja bisa mendapat harga diskon.

Sementara untuk lansia yang sudah berusia 60 tahun atau lebih, akan mendapatkan diskon hingga 50 persen jika bepergian menggunakan kereta. Bahkan pada saat jam sibuk, lansia bisa mendapatkan diskon tambahan.

Di negara lain seperti Singapura dan Jepang, mereka memiliki harga khusus bagi pelajar dan lansia. Tiket ini bisa dibeli bulanan dengan harga yang jauh lebih murah. Pelajar dan lansia bisa mendapat potongan harga hingga 50 persen.

Di beberapa negara, kartu identitas hanya digunakan bagi turis. Sebab, ada juga harga tiket dengan harga diskon bagi turis asing yang naik kereta di negara tersebut, seperti di Singapura, Thailand, Jepang.

Di Jepang, harga tiket kereta atau Tokyo Metro berdasarkan jarak. Tapi, ada harga spesial kalau penumpang menggunakan jalur kereta dan trem, serta bus.

Ilustrasi kereta di Tokyo, Jepang. Foto: David Gannon/AFP
Ilustrasi kereta di Tokyo, Jepang. Foto: David Gannon/AFP

Di Malaysia, mempunyai program tiket naik kereta komuter khusus bagi pelajar usia 7 hingga 19 tahun, serta penyandang disabilitas.

Program ini membuat tarif tiket lebih murah dibanding penumpang umum. Pada tahun 2017, KTM Komuter telah melayani 37,235 juta penumpang, dengan harian rata-rata 85,120 penumpang

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati belum bisa menjelaskan negara mana yang menjadi rujukan Indonesia untuk menerapkan tiket KRL berdasarkan NIK

"Kayaknya ada sih ya, cuma saya perlu cek ya. Sebelum saya bisa jawab soal itu ya, saya enggak punya datanya soalnya, saya takut salah aja," katanya kepada kumparan.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub akan membuka diskusi publik untuk membahas penerapan tarif KRL Jabodetabek berbasis NIK.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menuturkan, diskusi publik tersebut bertujuan untuk memastikan skema tarif subsidi ini tidak memberatkan pengguna KRL Jabodetabek.

"DJKA juga akan membuka diskusi publik dengan akademisi dan perwakilan masyarakat untuk memastikan skema tarif yang akan diberlakukan tidak memberatkan pengguna jasa layanan KRL Jabodetabek," kata Risal dalam keterangannya, Kamis (28/8).

Kendati demikian, Risal bilang, sebelum diskusi publik yang melibatkan masyarakat dan akademisi digelar, akan ada pembahasan mengenai skema subsidi ini di lingkup internal pemerintah. Tujuannya untuk memastikan skema tarif subsidi ini tepat sasaran

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: