terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Berlatih Bikin Sourdough, Roti Sehat dari Ragi Alami yang Diikuti Ratusan Orang - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Berlatih Bikin Sourdough, Roti Sehat dari Ragi Alami yang Diikuti Ratusan Orang
Aug 31st 2024, 12:26, by Windy Goestiana, BASRA (Berita Anak Surabaya)

Berlatih Bikin Sourdough, Roti Sehat dari Ragi Alami yang Diikuti Ratusan Orang

Bertepatan dengan hari kemerdekaan negara Indonesia yang ke-79, Ladang Lima kembali menggelar ONLINE BAKING CLASS bersama Risma Widyastuti, BBA yang dikenal dengan panggilan Chef Rismagood, Diploma in Gastronomy, Nutrition, and Food Trends Le Cordon Bleu Paris, selama dua hari, pada 17-18 Agustus. Tidak hanya belajar dari sekolah, Chef Risma mempunyai cara lain untuk menemukan resep-resep gluten free, yaitu dengan mencicipi bakery gluten free di berbagai negara. Dengan mengetahui rasa, lidah dapat menjadi sebuah acuan untuk menemukan karya. Tema yang diambil kali ini Cara Membuat Olahan Bebas Gluten untuk Pemula. Well, untuk menciptakan resep roti dan pastry chef Risma rela belajar sampai ke Paris, lho

Meskipun kegiatan Baking Class ini diadakan secara online, hal ini tidak menghalangi antusias dan semangat para peserta untuk menyimak step by step. Bahkan, tidak sedikit juga yang hands-on atau mempraktikkan langsung olahan yang sedang dibuat. Rupanya pasar produk bebas gluten di Indonesia cukup banyak peminat.

Berlatih Bikin Sourdough, Roti Sehat dari Ragi Alami yang Diikuti Ratusan Orang (1)

Di hari pertama, chef Risma mengajarkan para peserta untuk membuat roti gluten free berupa donat, bakpao, gamchi dan pizza base. Sedangkan untuk hari kedua, materi yang diajarkan yaitu cara membuat gluten free sourdough. Proses ini memanfaatkan ragi dan bakteri liar yang terdapat dalam starter sourdough, bukan ragi komersial. Nggak hanya itu, berbagai jenis topping, isian, serta glaze donat pun diajarkan oleh Chef Risma. Peserta dapat membuat olahan gluten free bread yang tak kalah dengan yang dijual di bakery ternama.

Peserta juga diajarkan cara membuat ragi alami gluten free sendiri di rumah. Ternyata pembuatan ragi alami ini sangat selaras dengan hidup sehat, ketika manusia menjaga alamnya, lingkungannya, makan bakteri baik cikal bakal sourdough gluten free akan mudah dibuat. Chef Risma mengajarkan semua cara basic pembuatan, namun juga disertakan banyak teori yang dapat dipelajari. Bahkan, ada cara untuk membuat roti sourdough ini tidak menjadi terlalu asam.

Berlatih Bikin Sourdough, Roti Sehat dari Ragi Alami yang Diikuti Ratusan Orang (2)

Resep-resep yang diciptakan oleh Chef Risma menggunakan berbagai jenis tepung gluten free lokal, salah satunya Mocaf dari Ladang Lima. Mocaf (Modified Cassava Flour) atau yang lebih dikenal dengan tepung gluten free yang dapat diaplikasikan untuk banyak olahan makanan yang hasilnya hampir setara dengan menggunakan terigu protein rendah. Ladang Lima memproduksi tepung mocaf yang berasal dari singkong pilihan hasil dari para petani lokal. Singkong yang digunakan dirawat dan dibudidayakan secara natural. Tepung berbahan alami ini diolah melewati proses fermentasi sehingga menghasilkan tepung gluten free berkualitas tinggi, kaya serat, dan tanpa bahan pengawet.

Berlatih Bikin Sourdough, Roti Sehat dari Ragi Alami yang Diikuti Ratusan Orang (3)

"Dengan adanya kelas-kelas olahan gluten free seperti ini, harapannya kedepan akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang tahu tentang betapa kayanya negeri Indonesia ini. Banyak sekali dan beraneka ragam bahan pangan bebas gluten yang dapat dibuat tepung lalu diolah menjadi olahan jajanan sehat yang menyerupai produk bakery dan pastry konvensional"

Tidak hanya tentang tepung, semua bahan di dalam resep dijelaskan dan dipandu agar menggunakan yang senatural mungkin. Chef Risma menekankan kepada peserta tentang kenali makananmu sehingga saat menggunakan bahan pangan yang sedang kita olah tidak hanya memperhatikan bahan itu sendiri, namun darimana bahan itu berasal, bagaimana proses bahan tersebut diolah, cara menanamnya pun kalau bisa kita harus tahu agar apa yang masuk ke tubuh kita adalah sebaik - baiknya membawa manfaat.

Menciptakan pasar gluten free yang mana pelakunya mempunyai basic knowledge tentang hidup secara natural sehingga tercipta olahan gluten free yang tidak sekedar gluten, menggunakan gula natural, tanpa pengembang pengemulsi, tanpa pewarna sintetik, tanpa artificial flavour, tanpa pengawet, namun masih enak sekali untuk dimakan dan tidak kalah dengan rasa konvensional.

(*)

.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: