terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Kisah Terowongan Silaturahmi sebagai Penghubung Masjid Istiqlal dan Katedral - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kisah Terowongan Silaturahmi sebagai Penghubung Masjid Istiqlal dan Katedral
Jul 20th 2024, 19:51, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi kisah Terowongan Silaturahmi, Foto: Unsplash/Mosquegrapher
Ilustrasi kisah Terowongan Silaturahmi, Foto: Unsplash/Mosquegrapher

Terowongan Silaturahmi merupakan penghubung antara Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral. Pembangunan dari terowongan ini bukan tanpa alasan. Sebab, terdapat kisah Terowongan Silaturahmi yang dibangun sepanjang 33 meter ini.

Ada kisah khusus dari penamaan jembatan yang satu ini. Selain itu, terdapat makna di balik pembangunan jembatan penghubung masjid terbesar di Asia Tenggara dan gereja pertama Katolik pertama di Batavia.

Kisah Terowongan Silaturahmi

Ilustrasi kisah Terowongan Silaturahmi sebagai penghubung antara Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral. Foto: Unsplash/Syahril Fadillah
Ilustrasi kisah Terowongan Silaturahmi sebagai penghubung antara Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral. Foto: Unsplash/Syahril Fadillah

Dikutip dari laman indonesia.go.id, Terowongan Silaturahmi merupakan ide dari Presiden Jokowi saat meninjau renovasi Masjid Istiqlal pada 7 Februari 2020. Presiden Jokowi mengutarakan keinginan membuat terowongan bawah tanah yang menjadi ikon kebhinekaan di Jakarta.

Presiden Jokowi berharap, penghubung bawah tanah itu bisa menjadi simbol bagi kerukunan dan toleransi antarumat beragama di tanah air.

Terlebih, masjid dan katedral menjadi rumah ibadah dari agama yang berbeda. Keduanya bukan semata gedung sakral dengan arsitektur, seni, dan aksesoris yang menghiasi secara khas dan kategorikal.

Masjid dan Katedral adalah simbol sekaligus simpul yang menyatukan (titik temu) umat atau jemaah dalam peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu, dikutip dari Instagram resmi Kementerian PUPR, terdapat empat fakta dari Terowongan Silaturahmi, yakni:

  1. Terowongan Silaturahmi tersambung dengan basement parkir lantai 1 di Masjid Istiqlal yang dapat menampung 500 unit mobil.

  2. Dinamakan Terowongan Silaturahmi karena dapat digunakan oleh pengunjung Gereja Katedral dan pengunjung Masjid Istiqlal.

  3. Terowongan Silaturahmi merupakan alternatif yang sebelumnya ada tiga alternatif dalam memfasilitasi parkir, salah satunya jembatan penyeberangan tetapi desain jembatan terlalu curam.

  4. Eksterior Terowongan Silaturahmi menggunakan material transparan sehingga kecantikan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta yang adalah Cagar Budaya tidak terhalang.

Pembukaan Terowongan Silaturahmi

Ilustrasi waktu pembukaan Terowongan Silaturahmi. Foto: Unsplash/Hijrah Abu
Ilustrasi waktu pembukaan Terowongan Silaturahmi. Foto: Unsplash/Hijrah Abu

Terowongan Silaturahmi sudah selesai dibangun pada 20 September 2021. Akan tetapi hingga saat ini aksesnya masih tertutup untuk masyarakat umum.

Hal ini dikarenakan masih ada pekerjaan tambahan yang belum selesai, terutama aksen seni. Karya seni sebagai ornamen dinding yang akan menggambarkan simbol silaturahmi dan toleransi antar umat beragama.

Diperkirakan, bulan Agustus 2024 semuanya sudah selesai. Sehingga dapat dibuka untuk masyarakat umum.

Terowongan Silaturahmi akan menjadi ikon kebhinekaan dan akan dijajal langsung oleh Paus Fransiskus yang akan datang ke Masjid Istiqlal pada 5 September 2024.

Baca Juga: Konsep Toleransi pada Pembangunan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral

Demikianlah informasi tentang kisah Terowongan Silaturahmi sebagai penghubung antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Apabila sudah dibuka untuk umum, tertarik untuk mengunjunginya?(MZM)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: