terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Waktu yang Tepat Anak Siap Masuk Sekolah Dasar - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Waktu yang Tepat Anak Siap Masuk Sekolah Dasar
Oct 6th 2024, 17:15, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi  Kapan anak siap masuk Sekolah Dasar, sumber gambar: unsplash/Nuril Ahsan
Ilustrasi Kapan anak siap masuk Sekolah Dasar, sumber gambar: unsplash/Nuril Ahsan

Kapan anak siap masuk Sekolah Dasar? Banyak orang tua yang bingung memilih waktu yang tepat untuk menyekolahkan anak ke jenjang SD.

Salah satu faktor yang dipertimbangkan yakni mengenai usia anak. Namun, masih ada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan dengan matang agar anak lebih siap ketika belajar di sekolah.

Kapan Anak Siap Masuk Sekolah Dasar?

Ilustrasi  Kapan anak siap masuk Sekolah Dasar, sumber gambar: unsplash/Husniati Salma
Ilustrasi Kapan anak siap masuk Sekolah Dasar, sumber gambar: unsplash/Husniati Salma

Kapan anak siap masuk Sekolah Dasar? Menurut pandangan psikologi, kesiapan anak memasuki SD tidak hanya didasarkan pada usia, melainkan juga berbagai aspek lain. Mengutip buku Usia Ideal Masuk SD, Zakwan Adri (2019), umumnya anak masuk SD pada usia 6-7 tahun.

Hal ini mengacu pada tahap perkembangan anak yang dinilai maksiml di usia tersebut. Adapun aspek lain yang memengaruhinya, yakni sebagai berikut.

1. Perkembangan Kognitif

Menurut teori perkembangan kognitif Jean Piaget, anak yang berusia 6-7 tahun berada dalam fase operasional konkret. Hal ini terjadi ketika mereka mulai dapat berpikir secara logis dan paham dengan konsep-konsep yang kompleks, mulai dari angka, waktu, atau aturan.

2. Perkembangan Sosial dan Emosional

Pada usia 6-7 tahun, anak sudah lebih mampu berinteraksi dengan teman sebayanya dan saling bekerja sama di dalam kelompok. Mereka mulai belajar berbagi, mengatasi konflik sosial, bergiliran, dan memiliki kontrol diri yang lebih baik.

Hal ini penting dipertimbangkan karena anak-anak harus berinteraksi dalam lingkungan sosial yang lebih besar di sekolah.

3. Perkembangan Motorik

Keterampilan motorik halus pada usia ini sudah lebih matang dari usia sebelumnya. Beberapa keterampilan yang dimaksud antara lain menulis, menggunting, dan menggambar yang mendukung kegiatan di kelas. Seiring berjalannya waktu, keterampilan motorik kasar mereka juga akan berkembang untuk menjalani aktivitas fisik di sekolah.

4. Kemampuan Beradaptasi

Anak usia 6-7 tahun umumnya sudah lebih siap berpisah dengan orang tua ketika bersekolah. Mereka juga menyadari tentang tanggung jawabnya dan memahami aturan yang berlaku di lingkungan sekolah.

5. Perkembangan Bahasa

Anak yang berusia 6-7 tahun biasanya memiliki kemampuan bahasa yang cukup memadai. Kemampuan ini diperlukan untuk mengekspresikan diri, memahami instruksi, dan melakukan percakapan yang lebih kompleks.

Mereka juga mengembangkan kemampuan membaca dan menulis tingkat dasar untuk memulai pendidikan formal.

Baca juga: 5 Strategi Pembelajaran dalam PJOK dari Guru untuk Siswanya

Itulah jawaban mengenai kapan anak siap masuk Sekolah Dasar. Secara umum, usia 6-7 tahun adalah masa ketika anak-anak menunjukkan kematangan dari segi fisik, kognitif, sosial, dan emosional, yang cukup untuk menjalani pendidikan di tingkat pendidikan SD. (DLA)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: