terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Pengertian Asesmen Sumatif PAUD dan Tujuannya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian Asesmen Sumatif PAUD dan Tujuannya
Oct 6th 2024, 17:24, by Berita Terkini, Berita Terkini

Pengertian Asesmen Sumatif PAUD. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Nguyen Dang Hoang Nhu
Pengertian Asesmen Sumatif PAUD. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Nguyen Dang Hoang Nhu

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fase fundamental dalam pembentukan karakter dan kemampuan dasar anak. Dalam proses pembelajaran di PAUD, asesmen sumatif PAUD menjadi salah satu komponen penting yang tidak bisa dipisahkan.

Asesmen merupakan salah satu bentuk evaluasi untuk melihat bagaimana proses pembelajaran apakah berjalan dengan baik atau tidak. Hal tersebut bisa dilihat dari apa yang telah dikuasai oleh para siswa.

Pengertian Asesmen Sumatif PAUD

Pengertian Asesmen Sumatif PAUD. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Annie Spratt
Pengertian Asesmen Sumatif PAUD. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Annie Spratt

Dikutip dari laman guru.kemdikbud.go.id, pengertian asesmen sumatif PAUD adalah penilaian capai tujuan pembelajaran yang biasanya dilakukan pada akhir program pembelajaran, semester atau tahun ajaran untuk mengukur pencapaian perkembangan anak secara keseluruhan.

Dalam proses melakukan asesmen ini, pendidik harus memperhatikan perkembangan anak, kondisi sosial anak hingga bagaimana perilakunya di lingkungan belajar. Nantinya, asesmen ini akan disusun dalam bentuk laporan hasil pencapain pembelajaran serta informasi mengenai pertumbuhan siswa.

Asesmen ini memiliki banyak manfaat untuk pendidik, orang tua dan juga siswa itu sendiri. Pertama bisa mengetahui pencapaian hasil belajar siswa dalam satu periode tertentu, misalnya satu semester.

Hasil dari evaluasi ini bisa digunakan untuk mengetahui perbandingan dari hasil belajar siswa dengan indikator yang telah ditetapkan sebelumnya. Sehingga orang tua, pendidik serta siswa bisa melihat perkembangan yang dialami.

Evaluasi menyeluruh ini tentunya sangat membantu dalam pengambilan keputusan pendidikan, misalnya adalah untuk melihat apakah pada dasarnya siswa sudah siap melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya atau belum.

Jika hasil asesmen menunjukkan siswa belum bisa, maka guru dapat menentukan metode atau tindakan yang tepat untuk mempersiapkan siswa. Hasil dari evaluasi ini juga bisa digunakan untuk menentukan program pengayaan atau pendampingan khusus yang mungkin diperlukan untuk anak/

Selain itu, orang tua juga bisa menyusun strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Hal tersebut tentunya membuat proses pembelajaran di masa yang akan datang menjadi lebih baik.

Asesmen ini bisa dilakukan menggunakan beberapa teknik yang bisa disesuaikan oleh pendidik. Misalnya menggunakan observasi yang dilakukan secara berkesinambungan melalui pengamatan perilaku secara berkala.

Teknik lainnya adalah melalui kinerja yang menuntut siswa untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya. Bisa juga menggunakan projek, tes tertulis maupun tes lisan, hingga membuat portofolio.

Baca juga: Kunci Jawaban Pelatihan Pintar Kemenag Asesmen Awal Pembelajaran Literasi 3.1

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan tujuan dari asesmen sumatif PAUD yang wajib diketahui orang tua dan guru. (WWN)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: