terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

BNPB & Pemda Sumbar Akan Bangun Sistem Peringatan Dini Banjir Lahar Marapi - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
BNPB & Pemda Sumbar Akan Bangun Sistem Peringatan Dini Banjir Lahar Marapi
May 16th 2024, 23:38, by Fachrul Irwinsyah, kumparanNEWS

Kondisi usai banjir lahar dingin Gunung Marapi di Nagari Bukik Batabuah, Agam, Sumatera Barat, Senin (13/5/2024). Foto: kumparan
Kondisi usai banjir lahar dingin Gunung Marapi di Nagari Bukik Batabuah, Agam, Sumatera Barat, Senin (13/5/2024). Foto: kumparan

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Pemerintah Daerah Sumatera Barat bersama akan membangun sistem peringatan dini banjir lahar dingin Gunung Marapi.

Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, mengatakan dalam pembangunannya tetap disupervisi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bersama Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

"Tadi sepakat Pemda dan BNPB disupervisi BMKG dan PVMBG membuat peringatan dini cerdas murah, yaitu dibuat bentangan-bentangan kabel. Ketika air menyentuh kabel itu tiba-tiba alarm bunyi sehingga masyarakat bisa segera mengungsi," kata Suharyanto di Bukittinggi, Kamis (16/5).

Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto di Bukittinggi, Sumatera Barat.   Foto: Jonathan Devin/kumparan
Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto di Bukittinggi, Sumatera Barat. Foto: Jonathan Devin/kumparan

Selama ini, Suharyanto mengungkapkan, warga setempat hanya mengandalkan intuisinya dalam melihat potensi banjir yang akan terjadi.

"Ada salah satu daerah kearifan lokal, begitu melihat airnya keruh, di atas gelap, mereka mengungsi ke tempat tinggi akhirnya selamat," ungkap dia.

"Kan tidak semua kampung ini punya kearifan lokal, pemahaman seperti itu. Sehingga kita pemerintah harus memberikan alatnya," sambungnya.

Belum Ada Sistem Peringatan Banjir

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan masih ada kekurangan dalam sistem peringatan banjir lahar dingin bagi warga yang tinggal di sekitar Gunung Marapi, Sumatera Barat.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memaparkan hasil pemetaan wilayah rawan banjir lahar dingin Gunung Marapi Foto: Jonathan Devin/kumparan
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memaparkan hasil pemetaan wilayah rawan banjir lahar dingin Gunung Marapi Foto: Jonathan Devin/kumparan

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menjelaskan saat ini yang tersedia baru hanya sistem peringatan dini terkait cuaca. Belum ada sistem peringatan terkait banjir.

"Jadi karena keterbatasan yang ada baru early warning system untuk cuaca, maka masyarakat yang di sepanjang itu belum tentu bisa memanfaatkan, yang dibutuhkan adalah early warning system yang ada di sungai," kata Dwikorita di Bukittinggi, Kamis (16/5).

Dengan adanya sistem peringatan dini banjir, Dwikorita mengatakan, masyarakat sekitar yang berpotensi terdampak bisa lebih waspada.

"Misal sudah terjadi banjir bandang di hulu atas, bawah itu sudah mendapat early warning, jadi dalam waktu katakanlah 10 menit, 20 menit, atau satu jam, itu sudah ada, nah itu yang belum ada, itu yang belum dibangun," ujarnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: