terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

PUPR Bakal Bangun 25 Sabo Dam, Kurangi Dampak Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
PUPR Bakal Bangun 25 Sabo Dam, Kurangi Dampak Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi
May 17th 2024, 01:01, by Raga Imam, kumparanNEWS

Sabo dam di Bangkahan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Foto: Dok. Istimewa
Sabo dam di Bangkahan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Foto: Dok. Istimewa

Kementerian PUPR bakal membangun 25 sabo dam di aliran sungai yang berhulu di lereng Gunung Marapi. Hal ini sebagai salah satu upaya mengurangi dampak banjir lahar dingin yang masih berpotensi terjadi.

PPK OP SDA II Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang Kementerian PUPR, Syatriawan, menjelaskan setidaknya ada 25 sungai yang mengalir dari atas Gunung Marapi.

Sejauh ini, baru ada 2 sabo dam yang dibangun, yakni pada aliran sungai di Bangkahan, Kabupaten Tanah Datar dan Canduang, Kabupaten Agam.

"Kalau dari peninjauan kemarin kita butuh 25 lagi. Satu aliran (sungai), satu unit sabo. Ditambah (yang sudah ada) di Bangkahan dan Malana tadi 2 sabo, jadi 27 totalnya," kata Syatriawan di Bukittinggi, Kamis (16/5).

PPK OP SDA II Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang Kementerian PUPR, Syatriawan. Foto: Jonathan Devin/kumparan
PPK OP SDA II Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang Kementerian PUPR, Syatriawan. Foto: Jonathan Devin/kumparan

Menurut Syatriawan, berdasarkan rencana awal, 25 sabo dam tambahan itu akan rampung dibangun pada 2025 mendatang.

Dari 2 sabo dam yang sudah ada saat ini, ia melanjutkan, kapasitasnya memang terbilang masih kecil. Hanya bisa menampung material vulkanik kurang dari 30 ribu meter kubik.

"Ya ini akan dikaji lagi nanti, di desain ini karena kelihatan dengan yang kita bangun ini (kapasitasnya) cuma 30 ribu (meter kubik). Ya dibilang tidak bermanfaat, sangat bermanfaat sebetulnya. Tapi untuk ke depan akan tambah lagi yang lebih besar, ditingkatkan, kapasitasnya akan kita tingkatkan," paparnya.

Kondisi usai banjir lahar dingin Gunung Marapi di Nagari Bukik Batabuah, Agam, Sumatera Barat, Senin (13/5/2024). Foto: kumparan
Kondisi usai banjir lahar dingin Gunung Marapi di Nagari Bukik Batabuah, Agam, Sumatera Barat, Senin (13/5/2024). Foto: kumparan

Sabo dam merupakan bangunan melintang di atas aliran sungai berfungsi sebagai penahan material vulkanik yang terbawa arus air saat hujan deras melanda.

"Ini harapan kita ke depan ya dalam waktu dekat kita bisa melaksanakan infrastruktur untuk membangun sabo-sabo, untuk meminimalisir dampak ke bawah untuk masyarakat," terang dia.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: