terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Katanya Inovasi Global, tapi Kok Masih Kalah Sama Filipina? - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Katanya Inovasi Global, tapi Kok Masih Kalah Sama Filipina?
Oct 9th 2024, 11:59, by Waode Nurmuhaemin, Waode Nurmuhaemin

Dalam urusan inovasi global, kalau kamu kira kita udah keren banget di panggung internasional, siap-siap kecewa. Menurut laporan Global Innovation Index (GII) 2024 yang dirilis oleh WIPO (World Intellectual Property Organization), meskipun sudah sangat membaik dibanding tahun lalu yang cuma duduk di peringkat 61 dunia, dibandingkan negara-negara Asean, Indonesia cuma menempati rangkring di peringkat 54 dari 133 negara. Dan ini yang paling nusuk: kita bahkan kalah sama Filipina (peringkat 53). Ya, Filipina! Bukan cuma tetangga sebelah seperti Singapura (peringkat 4, ) atau Malaysia (peringkat 33) Thailand (41 ), Vietnam (44) yang bikin kita geleng-geleng kepala, tapi juga Filipina yang posisinya tepat di atas kita. Kira-kira apa ya yang salah?

Tentu ini bukan cuma soal nasib. Ada dua biang kerok utama yang bikin inovasi kita jalan di tempat, yaitu soal Sumber Daya Manusia dan Riset. Ibarat masak, kita punya bahan-bahan tapi belum lengkap, resepnya setengah-setengah, tapi pengin bikin masakan ala restoran bintang lima. Hasilnya? Jauh dari kata memuaskan. Dan yang bikin hati makin ngenes, WIPO ternyata menyelipkan hasil PISA (Programme for International Student Assessment) sebagai indikator kelemahan inovasi kita.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: