terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Berapa Jumlah Penduduk Dunia saat Ini? - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Berapa Jumlah Penduduk Dunia saat Ini?
Oct 10th 2024, 12:17, by Habib Allbi Ferdian, kumparanSAINS

Foto udara warga Argentina mengikuti parade perayaan juara Piala Dunia 2022 di Buenos Aires, Argentina, Selasa (20/12).  Foto: Cristina Sille/REUTERS
Foto udara warga Argentina mengikuti parade perayaan juara Piala Dunia 2022 di Buenos Aires, Argentina, Selasa (20/12). Foto: Cristina Sille/REUTERS

Populasi manusia di seluruh dunia tembus 1 miliar orang pada 1804 silam. Lebih dari dua abad berselang, tepatnya 2022, PBB mengumumkan jumlah penduduk dunia melesat hingga 8 miliar orang.

Dengan jumlah yang terus bertambah, berapa kira-kira total populasi manusia saat ini?

Worldometer memperkirakan jumlahnya lebih dari 8.179.550.700 orang. Sementara itu, The World Counts mencatat jumlah penduduk dunia diperkirakan 8.133.842.800 orang, sedangkan US Cencus Bureau menduga ada 8.075.980.800 orang yang hidup di dunia saat ini.

Sulit sebenarnya untuk mengetahui jumlah pastinya, karena tidak mudah untuk melacak setiap kelahiran dan kematian manusia dengan tepat. Australian Academy of Science menjelaskan "jam populasi dunia" diperbarui setiap 1 tahun sekali, termasuk data sensus, catatan kelahiran dan kematian, dan studi akademis.

"Karena pertumbuhan populasi terus bertambah, dan jam yang diperbarui setiap 12 bulan, maka perkiraan peningkatan tahunan dibagi dengan jumlah detik dalam setahun (31.536.000)," papar Australian of Academy Science. "Hal ini membuatnya tampak terus bertambah."

Lautan manusia di Stasiun Tanah Abang Foto: Soejono Saragih/kumparan
Lautan manusia di Stasiun Tanah Abang Foto: Soejono Saragih/kumparan

Berapa jumlah manusia di masa depan?

Terlepas dari data mana yang paling benar, jumlah manusia di Bumi diperkirakan tak akan bertambah selamanya. Laporan terbaru World Population Prospects PBB pada awal tahun ini memprediksi, populasi global bakal mencapai puncaknya sekitar 10,3 miliar pada pertengahan 2080-an, dan kemudian menurun menjadi 10,2 miliar pada 2100, sehingga untuk pertama kalinya jumlah manusia menurun sejak Wabah Hitam pada abad ke-14.

Meski populasi global terus tumbuh, ada banyak tempat yang pertumbuhannya melambat, atau bahkan mulai menurun. Beberapa contoh yang paling terkenal adalah Italia dan Jepang. Menurut Central Intelligence Agency yang menyediakan data tingkat pertumbuhan populasi untuk publik, penurunan paling besar terjadi di Kepulauan Cook di Oseania yang pertumbuhannya mencapai -2,24 persen.

Sementara dalam skala nasional, banyak faktor yang dapat memengaruhi pertumbuhan populasi, bukan hanya kelahiran dan kematian, tapi juga migrasi. Salah satu pendorong utama di balik puncak dan penurunan populasi adalah menurunnya angka kelahiran. Lebih dari separuh negara dan wilayah di dunia memiliki angka fertilitas yang berada di bawah angka fertilitas pengganti –2,1 kelahiran hidup per wanita yang secara teori dibutuhkan untuk menjaga populasi tetap stabil.

Seperti apa dunia nanti saat populasi akhirnya mulai menurun? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: