terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Burung Migran Layang-Layang Asia Tiba Lagi di Jogja, tapi Jumlahnya Menurun - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Burung Migran Layang-Layang Asia Tiba Lagi di Jogja, tapi Jumlahnya Menurun
Oct 19th 2024, 11:31, by Pandangan Jogja Com, Pandangan Jogja

Burung layang-layang asia kini lebih banyak beristirahat di kabel yang melintang did epan PKU Muhammadiyah, Jalan Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Foto: Danang Bakti K/Pandangan Jogja
Burung layang-layang asia kini lebih banyak beristirahat di kabel yang melintang did epan PKU Muhammadiyah, Jalan Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Foto: Danang Bakti K/Pandangan Jogja

Burung migran layang-layang asia (Hirundo rustica) sudah tiba lagi di Yogyakarta pada musim migrasi tahun ini. Ribuan burung layang-layang asia itu memadati kawasan Jalan KH Ahmad Dahlan Yogyakarta, di sisi barat titik Nol Kilometer Yogya.

Koordinator Paguyuban Pengamat Burung Jogja (PPBJ) Beni Kusmanto, mengatakan bahwa burung layang-layang tersebut sebenarnya sudah terlihat di Jogja sejak Agustus silam.

"Sebab jenis tersebut kadang ada yang extend dari tahun sebelumnya juga, jadi dia tidak ikut kembali ke tempat asalnya," kata Beni kepada Pandangan Jogja, Jumat (18/10).

Sampai saat ini, PPBJ menurutnya telah melakukan tiga kali pengamatan. Dari hasil pengamatan yang dilakukan, ia menyebut ada penurunan jumlah layang-layang asia yang bermigrasi di Jogja dibandingkan dengan tahun lalu.

"Tanggal 2 Oktober ada 1.293 individu yang terhitung, sebelumnya tanggal 14 September yang terhitung ada 2.619 individu. Kalau tahun lalu, lokasinya di depan Museum Sonobudoyo ada sekitar 5.400 ekor," jelas Beni.

Proses pencincinan burung layang-layang asia di Yogyakarta oleh PPBJ. Foto: Widi RH Pradana/Pandangan Jogja
Proses pencincinan burung layang-layang asia di Yogyakarta oleh PPBJ. Foto: Widi RH Pradana/Pandangan Jogja

Ada beberapa hal yang diperkirakan menyebabkan penurunan jumlah burung ini, pertama karena beberapa pohon di kawasan tersebut yang sebelumnya menjadi tempat tidur burung sudah dipangkas. Selain itu, kabel-kabel di kawasan Titik Nol Kilometer dan Museum Sonobudoyo yang sebelumnya jadi tempat mereka bertengger dan beristirahat juga sudah tidak ada.

Penghilangan kabel ini juga membuat lokasi bertengger burung-burung ini bergeser sedikit ke barat.

"Sebelumnya kan ada di depan Museum Sonobudoyo, sekarang bergeser di depan Kantor Bank Mandiri Ahmad Dahlan, dan itu jumlahnya agak berkurang dibandingkan tahun sebelumnya," ujarnya.

Namun, saat ini menurutnya belum memasuki puncak migrasi. Diperkirakan, puncak migrasi akan terjadi pada akhir tahun, seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

"Jadi kemungkinan jumlahnya masih bisa bertambah," kata Beni.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: