terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Studi: Traveling Bisa Hambat Proses Penuaan Diri - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Studi: Traveling Bisa Hambat Proses Penuaan Diri
Sep 18th 2024, 09:00, by Gitario Vista Inasis, kumparanTRAVEL

Ilustrasi traveler bahagia yang traveling dengan smartphone. Foto: Tom Wang/Shutterstock
Ilustrasi traveler bahagia yang traveling dengan smartphone. Foto: Tom Wang/Shutterstock

Bukan rahasia umum kalau traveling memiliki banyak manfaat kesehatan. Enggak hanya baik untuk kesehatan mental, liburan ternyata baik untuk tubuh dan bisa menghambat penuaan.

Dilansir New York Post, sebuah studi terbaru yang diterbitkan oleh Journal of Travel Research mengungkapkan traveling bisa menunda proses penuaan dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Ilustrasi penuaan dini. Foto: Irzhanova Asel/Shutterstock
Ilustrasi penuaan dini. Foto: Irzhanova Asel/Shutterstock

Dalam studi yang dilakukan para peneliti di Universitas Edith Cowan (ECU) di Australia, mereka menggunakan teori entropi yaitu kecenderungan umum alam semesta menuju kematian dan kekacauan pada industri pariwisata atau perjalanan.

Calon doktor ECU, Fangli HU, mengatakan sebagai sebuah proses penuaan memang tidak dapat diubah. Namun, proses ini ternyata bisa diperlambat.

Ilustrasi nenek-nenek traveling. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi nenek-nenek traveling. Foto: Shutter Stock

"Penuaan, sebagai sebuah proses, tidak dapat diubah. Meskipun tidak dapat dihentikan, proses ini dapat diperlambat," kata Fangli Hu dalam pernyataan resminya.

Tim peneliti tersebut menemukan manfaat positif traveling bagi kesehatan fisik dan mental seperti berolahraga dan bersantai yang ternyata dapat membantu tubuh memperlambat tanda-tanda penuaan. Dan hasilnya, hal itu ternyata bisa membuat kulitmu berwarna kecokelatan lebih lama.

Penelitian itu juga mengungkap, perjalanan yang menyertakan pengalaman aktif bagi tubuh seperti hiking atau berenang yang mendorong orang untuk bergerak memiliki manfaat kesehatan yang sama.

Manfaat Kesehatan Lain Ketika Traveling

Ilustrasi sultan lagi traveling. Foto: Yaroslav Astakhov/Shutterstock
Ilustrasi sultan lagi traveling. Foto: Yaroslav Astakhov/Shutterstock

Sementara itu, perjalanan santai dapat mengurangi stres kronis, memperlambat sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif, dan mendorong fungsi normal sistem pertahanan diri, yang pada gilirannya dapat memungkinkan tubuh mencapai keadaan entropi rendah.

"Pariwisata bukan hanya tentang menghabiskan waktu luang dan berekreasi. Pariwisata juga dapat berkontribusi pada kesehatan fisik dan mental masyarakat," lanjut Hu.

Hu menambahkan, sederhananya adalah pengalaman positif dapat menurunkan peningkatan entropi dan meningkatkan kesehatan. Sementara pengalaman negatif berkontribusi terhadap peningkatan entropi dan membahayakan kesehatan.

Ilustrasi wanita pebisnis traveling. Foto: Standret/Shutterstock
Ilustrasi wanita pebisnis traveling. Foto: Standret/Shutterstock

Sebagai tanggapan terhadap penelitian mereka, para ahli menyarankan bahwa traveling dapat berfungsi sebagai terapi kesehatan yang inovatif.

Hu menjelaskan, studi ini muncul karena saat ini banyak dari mereka yang merasa lebih stres karena penuaan dini di mana orang-orang malah memilih untuk memesan perjalanan kesehatan. Hu pun menyebut 47 persen atau separuh wanita menyatakan penuaan menyebabkan mereka stress.

Jika dilihat berdasarkan perbedaan usia, 57 persen generasi milenial dan 56 persen Gen Z lebih rawan stres karena penuaan dini. Sementara di sisi lain, beberapa pria berusaha keras untuk memperlambat proses penuaan.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: