terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Perlukah Pasangan Lakukan Konseling Pranikah Sebelum Menikah? Ini Kata Psikolog - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Perlukah Pasangan Lakukan Konseling Pranikah Sebelum Menikah? Ini Kata Psikolog
Sep 21st 2024, 08:00, by Judith Aura, kumparanWOMAN

Ilustrasi pasangan melakukan konseling pranikah. Foto: Chinnapong/Shutterstock
Ilustrasi pasangan melakukan konseling pranikah. Foto: Chinnapong/Shutterstock

Ladies, apakah kamu sedang merencanakan pernikahan? Sebelum menikah, tentunya banyak hal yang harus disiapkan, salah satunya persiapan upacara dan pesta pernikahan. Namun ternyata, ada satu hal lain yang tak kalah penting untuk dilakukan, yaitu konseling pranikah.

Konseling pranikah atau premarital counseling merupakan salah satu bentuk terapi pasangan yang dilakukan bersama ahli. Dikutip dari VeryWell Mind, konseling pranikah biasanya bertujuan untuk membahas soal kehidupan pernikahan, hubungan antara suami dan istri dalam lingkup pernikahan, dan membangun fondasi kuat buat menjalani rumah tangga.

Psikolog Gita Aulia Nurani, S. Psi., M. Psi. mengatakan, lewat konseling pranikah, perempuan dan laki-laki yang akan menikah akan bisa saling mengungkapkan harapan masing-masing untuk pernikahan mereka.

Ilustrasi pasangan calon pengantin membaca buku Fondasi Keluarga Sakinah. Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan
Ilustrasi pasangan calon pengantin membaca buku Fondasi Keluarga Sakinah. Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan

"Dengan hadirnya seorang ahli sebelum hubungan berlanjut ke tahap serius, kita bisa keluarkan harapan terhadap pasangan yang mungkin tidak bisa disampaikan secara langsung. Atau apa yang ingin dicapai dalam pernikahan, mindset, cara pandang kita terhadap pasangan," kata Gita saat diwawancarai kumparanWOMAN beberapa waktu lalu.

Perlukah pasangan melakukan konseling pranikah?

Meskipun konseling pranikah bersifat penting, apakah terapi ini perlu dilakukan? Menurut Psikolog Keluarga dan Pernikahan di Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani M. Psi., konseling pranikah merupakan salah salah satu cara untuk mempersiapkan diri saat menjalani bahtera rumah tangga.

"Jadi, kalau dikatakan perlu atau tidak, ya, dikembalikan ke kebutuhan pasangan itu. Yang penting adalah usaha untuk mengenali satu sama lain dan aspek yang perlu disiapkan. Tak harus selalu konseling pranikah, tapi ini bisa menjadi salah satu cara," kata Nadya kepada kumparanWOMAN.

Ilustrasi pasangan berbicara soal pernikahan. Foto: Dragon Images/Shutterstock
Ilustrasi pasangan berbicara soal pernikahan. Foto: Dragon Images/Shutterstock

Gita mengatakan, tak jarang, pasangan masih kesulitan untuk mengungkapkan harapan dan keinginan mereka dalam rumah tangga. Menurutnya, jika sudah menemui kesulitan tersebut, maka konseling bersama pasangan perlu dilakukan.

"Terkadang, ada hal yang kita tidak bisa ungkapkan secara langsung dan membutuhkan pihak ketiga. Ketika sudah ada di tahap itu, dalam hubungan pacaran, itu titik kita butuh konseling," jelas dosen di Universitas Muhammadiyah Surakarta itu.

Sebenarnya, pihak ketiga ini bisa berupa siapa saja, baik teman terdekat maupun orang tua. Namun, jika mereka dirasa kurang membantu, psikolog atau konselor pranikah bisa menjadi pihak yang tepat untuk menolong masalah komunikasi tersebut.

Kalau dirasa tidak memiliki masalah komunikasi dengan pasangan, maka mereka bisa belajar sendiri soal persiapan pernikahan.

Ilustrasi pasangan.   Foto: Shutterstock
Ilustrasi pasangan. Foto: Shutterstock

"Ada juga belajar secara agama atau pendampingan dari orang tua. Yang dibutuhkan adalah persiapan soal kehidupan setelah pesta pernikahan. Bisa dilakukan sendiri lewat membaca juga. Yang mesti dilakukan adalah belajarnya tentang satu sama lain, belajar mempersiapkan pernikahan nanti," tegas Nadya.

Jadi, bisa dikatakan, konseling pranikah menjadi perlu jika pasangan merasa butuh dibantu pihak ketiga. Namun, ketika pasangan sudah bisa mempelajari persiapan dunia pernikahan secara mandiri, konseling ini bersifat opsional.

Ladies, kalau menurutmu, apakah kamu dan pasanganmu perlu melakukan konseling pranikah?

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: