terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Selain Pasok Listrik, PLTP Kamojang Bisa Hasilkan Hidrogen Hijau - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Selain Pasok Listrik, PLTP Kamojang Bisa Hasilkan Hidrogen Hijau
Sep 5th 2024, 09:41, by Moh Fajri, kumparanBISNIS

Proses produksi Green Hydrogen yang dihasilkan dari air kondensasi kegiatan produksi listrik yang dilakukan di PLTP Kamojang, Bandung, Jawa Barat.  Foto: Argya Maheswara/kumparan
Proses produksi Green Hydrogen yang dihasilkan dari air kondensasi kegiatan produksi listrik yang dilakukan di PLTP Kamojang, Bandung, Jawa Barat. Foto: Argya Maheswara/kumparan

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang tidak hanya memasok energi listrik, tetapi juga bisa menghasilkan hidrogen hijau. PLTP tertua di Indonesia itu saat ini memiliki tiga pembangkit yang masing-masing dibangun pada waktu berbeda.

"PLTP Kamojang ini adalah PLTP pertama yang ada di Indonesia dan beroperasi semenjak tahun 1982 untuk unit 1, kemudian, unit 2 dan 3 menusuk 5 tahun kemudian, COD di tahun 1987," jelas Specialist Tata Kelola Pembangkit Unit Bisnis Pembangkitan Kamojang PLN Indonesia Power, Iwan Setiono, di PLTP Kamojang, Bandung, Jawa Barat pada Rabu (4/9).

Dari tiga pembangkit itu, PLTP Kamojang dapat menghasilkan total energi listrik sebesar 140 MW. Dalam hal ini, pembangkit pertama menghasilkan 30 MW, sedangkan dua pembangkit lainnya masing-masing menghasilkan 55 MW.

Selain menghasilkan energi listrik, Iwan menjelaskan PLTP Kamojang juga memiliki Green Hydrogen Plant (GHP) yang dapat menghasilkan hidrogen hijau. Dalam hal ini PLTP Kamojang menjadi pemasok hidrogen hijau untuk Refueling Station (HRS) yang terletak di Senayan, Jakarta.

Hidrogen hijau tersebut dihasilkan dari air kondensasi kegiatan produksi listrik yang dilakukan di PLTP Kamojang.

"Hydrogen Plant ini menggunakan air kondensat yang sisa dari proses pendinginan cooling tower.Di mana cooling tower ini menggunakan siklus tertutup. Jadi air yang hasil kondensasi dari uap panas bumi, kemudian kita dinginkan di cooling tower. Selanjutnya hasil pendinginan kita kembalikan lagi ke kondenser lagi," jelas Iwan.

Proses produksi Green Hydrogen yang dihasilkan dari air kondensasi kegiatan produksi listrik yang dilakukan di PLTP Kamojang, Bandung, Jawa Barat.  Foto: Argya Maheswara/kumparan
Proses produksi Green Hydrogen yang dihasilkan dari air kondensasi kegiatan produksi listrik yang dilakukan di PLTP Kamojang, Bandung, Jawa Barat. Foto: Argya Maheswara/kumparan

PLTP Kamojang dapat memproduksi 8 kg hidrogen per jam. Kapasitas produksi tersebut masih bisa dimaksimalkan lagi.

Iwan mengakui saat ini konsumen yang menggunakan hidrogen hijau belum terlalu banyak. Sehingga PLTP Kamojang hanya menunggu permintaan dari HRS Senayan.

Meski begitu, Iwan menilai peluang konsumen ke depan masih terbuka.

"Tantangan kita dalam menciptakan ekosistem hidrogen yang belum ada sekarang adalah konsumen yang belum banyak. Jadi kendala produksi adalah menunggu konsumen. Kalau konsumennya sudah ada, kita produksi. Jadi kita saat ini masih menunggu, kalau ada permintaan untuk jadi HRS Senayan, baru kita produksi," tutur Iwan.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: