terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Apa Perbedaan Larva dan Nimfa dalam Daur Hidup Hewan? Ini Jawabannya - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apa Perbedaan Larva dan Nimfa dalam Daur Hidup Hewan? Ini Jawabannya
Sep 6th 2024, 22:45, by Berita Terkini, Berita Terkini

Apa Perbedaan Larva dan Nimfa, Sumber Unsplash Haci Elmas
Apa Perbedaan Larva dan Nimfa, Sumber Unsplash Haci Elmas

Larva dan nimfa sering dianggap sama oleh kebanyakan orang. Namun sebenarnya, keduanya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Lantas, apa perbedaan larva dan nimfa?

Perbedaan larva dan nimfa perlu diketahui untuk semakin memahami daur hidup hewan. Terlebih lagi hewan yang mengalami metarmofosis.

Apa Perbedaan Larva dan Nimfa? Ini Penjelasannya

Apa Perbedaan Larva dan Nimfa, Sumber Unsplash Haci Elmas 2
Apa Perbedaan Larva dan Nimfa, Sumber Unsplash Haci Elmas 2

Menurut buku Semua Bisa Pintar Ulangan Harian Tematik Kelas 4 SD, Moh. Zulkifli, S.Pd dan Nur Utari, S.Pd. (2022: 235), daur hidup merupakan tahapan pertumbuhan yang dilalui makhluk hidup dan diakhiri kematian. Daur hidup juga disebut sebagai siklus hidup.

Selayaknya makhluk hidup pada umumnya, hewan juga melalui daur hidup. Daur hidup tersebut bisa dibedakan menjadi dua, yaitu tanpa dan dengan metarmofosis.

Dalam daur hidup metarmofosis, dikenal fase larva dan nimfa. Banyak orang yang mengira sama meskipun sebenarnya keduanya berbeda. Lantas, apa perbedaan larva dan nimfa? Berikut penjelasannya.

1. Larva

Larva adalah fase hewan muda yang bentuknya berbeda dengan saat dewasa. Fase ini terjadi pada metamorfosis sempurna, yaitu daur hidup yang membuat hewan memiliki bentuk dewasa berbeda dengan saat muda.

Dalam metamorfosis sempurna, hewan akan memulai daur hidupnya dari telur. Lalu, telur tersebut menetas menjadi larva. Dalam beberapa waktu, larva tersebut akan membentuk pupa. Di dalam pupa inilah larva merubah bentuknya menjadi hewan dewasa dan terlihat berbeda.

Contoh hewan yang mengalammi fase larva adalah kupu-kupu. Saat sedang menjalani fase ini, bentuk kupu-kupu masih berupa ulat. Lalu setelah keluar dari pupa, bentuknya berbeda menjadi kupu-kupu dewasa.

Baca juga: Tahapan Metamorfosis Nyamuk Demam Berdarah Aedes Aegypti

2. Nimfa

Berlawanan dengan larva, nimfa adalah fase hewan muda yang bentuknya serupa dengan hewan dewasa. Fase ini terjadi para metamorfosis tidak sempurna, yaitu daur hidup hewan yang bentuk dewasanya serupa dengan saat muda.

Dalam metamorfosis tidak sempurna, hewan akan memulai hidupnya dari telur. Lalu setelah menetas, hewan akan menjadi nimfa. Nimfa pun tumbuh menjadi hewan dewasa. Jadi, tak ada fase pupa di sini. Contoh hewan yang mengalaminya adalah belalang sembah.

Jadi, apa perbedaan larva dan nimfa? Bila larva mempunyai bentuk yang berbeda dengan hewan dewasa dan terjadi pada metamorfosis sempurna, bentuk nimfa serupa dengan dewasanya dan terjadi pada metamorfosis tidak sempurna. (LOV)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: