terunik teraneh terselubung blogspot.com terlucu menarik di dunia tapi nyata dan terlangka aneh22 video gambar ajaib bin ajaib kau tuhan sungguh penuh kuasa unik77.tk unik4u unic77.tk gokil extreme medis kriminal arkeologi antariksa UFO dinosaurus kita flora fauna misteri bumi militer hiburan ekonomi bahasa teknologi sejarah politik tokoh hukum mumi rumor motivasi moral hewan tumbuhan tips trick kuliner otomotif pendidikan galleri musik sms hantu wallpaper artis indonesia foto hot syur panas download

>10.000 artikel menarik ada disini,silahkan cari:

Urine Bisa Jadi Pertanda Kondisi Organ Tubuh Sehat atau Tidak - my blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Urine Bisa Jadi Pertanda Kondisi Organ Tubuh Sehat atau Tidak
Sep 7th 2024, 07:41, by Masruroh, BASRA (Berita Anak Surabaya)

Ilustrasi tes urine. Foto: Pixabay
Ilustrasi tes urine. Foto: Pixabay

Urine merupakan cairan limbah sisa metabolisme tubuh, yang dihasilkan oleh ginjal dan dikeluarkan melalui saluran kemih. Urine memiliki peran penting dalam proses ekskresi atau pembuangan, membantu tubuh untuk mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme dan menjaga keseimbangan cairan serta elektrolit dalam tubuh.

Firman Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya menjelaskan, air seni atau urine terdiri dari sekitar 95% air dan 5% zat terlarut, seperti urea sebagai produk limbah hasil metabolisme protein. Kreatinin zat limbah hasil dari metabolisme otot, asam urat zat limbah dari hasil metabolisme purin. Dan zat lainnya termasuk elektrolit natrium, kalium, klorida, kalsium, magnesium, fosfat, dan bikarbonat.

Ginjal menjadi salah satu organ tubuh yang membentuk urine. Prosesnya melalui tiga tahap utama di ginjal.

"Pertama tahap filtrasi atau penyaringan. Tahap ini darah difiltrasi di glomerulus ginjal, menghasilkan air dan zat terlarut masuk ke dalam kapsul Bowman, kemudian membentuk cairan yang disebut urine primer," terang Firman, dalam keterangannya, seperti dikutip Basra, Sabtu (7/9).

Tahap kedua, reabsorpsi di tubulus ginjal, sebagian besar air dan zat terlarut yang berguna, seperti glukosa atau gula darah, asam amino, dan elektrolit. Direabsorpsi atau diserap kembali ke dalam darah dari sini dihasilkan urine sekunder.

Berikutnya tahap ketiga, zat sisa yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh disekresi di tubular menghasilkan urine sesungguhnya yang dibuang saat kita buang air kecil.

Firman mengungkapkan, dari proses tahapan tersebut, menggambarkan organ tubuh berfungsi dengan baik. Namun jika tubuh mengalami masalah penyakit tertentu, terutama jika berkaitan dengan masalah pada ginjal. Karena itu pemeriksaan urine menjadi sangat penting untuk mengetahui kondisi tubuh serta kemungkinan penyakit tertentu.

"Ada beberapa hal yang bisa kita lihat dari hasil pemeriksaan urine, sebagai tanda masalah penyakit tertentu. Pertama, warna urine pada orang yang sehat dan normal yaitu berwarna kuning jernih, hal ini juga berarti konsumsi air cukup. Sedangkan jika ditemukan urine berwarna kuning pekat menandakan dehidrasi atau konsumsi air yang kurang," terangnya.

Firman menjelaskan, jika mengalami tanda tersebut, segera konsumsi air putih yang cukup 2 hingga 2,5 liter/hari. Banyak masyarakat awam tidak menyadari hal itu, sehingga kadang dibiarkan walaupun lambat laun mengalami keluhan badan lemas dan sulit berkonsentrasi hingga akhirnya lama-lama mengalami syok dan hilang kesadaran.

"Jumlah urine pada orang sehat atau normal yaitu sekitar 1000 ml hingga 2000, namun tergantung asupan jumlah air yang dikonsumsi. Sementara jika jumlah urine kurang dari 400 ml per hari, bisa menunjukkan kondisi tertentu seperti dehidrasi, batu ginjal, gagal ginjal dan penyakit lainnya," imbuh Firman lagi.

Firman mengatakan, jika sering buang air kecil dengan jumlah yang banyak hingga lebih dari 3 liter per hari, hal ini bisa disebabkan karena mengalami penyakit diabetes atau kencing manis. Namun untuk memastikan masalah kesehatan dan mengalami suatu penyakit diperlukan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit, klinik atau puskesmas.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar: